Category one-dish meal

shepherd’s pie

Sudah sering saya mendengar pie yang satu ini. Ya di program memasak di teve. Ya dari internet.¬†Ya dari cerita-cerita adik saya. Tapi selama ini saya belum pernah mencoba bikin. Adik saya lumayan sering menyebut-nyebut pie yang satu ini. Dia cukup sering membuatnya. Anak perempuan semata wayangnya hobi banget makan shepherd’s pie.¬†Keponakan saya yang satu ini […]

ketupat gulai sayur Padang

Duuhh… makanan yang satu ini enakkkk….. tak terkira. Salah satu favorit saya. Tapi sudah lama juga saya tidak bikin. Siang tadi saya melihat-lihat koleksi foto-foto lama. Termasuk yang bertopik makanan. Dan menemukan beberapa foto ketupat gulai sayur Padang yang pernah saya bikin. Kontan ngeces. Kayaknya sudah waktunya bikin lagi. Gulai sayur Padang yang biasa saya […]

selamat pagi aloo parantha!

Bumi basah dan alam sekitar gelap muram saat saya bangun pagi ini. Ah… Untunglah kemarin saya sudah membereskan dan membersihkan rumah habis-habisan. Jadi hari ini saya bisa sedikit santai. Hari yang gelap dan basah kurang mendukung mood untuk beberes rumah. Hari-hari semacam ini lebih asyik dinikmati dengan membaca atau merajut atau menjahit sambil mendengarkan musik […]

mengawali 2014 dengan ketupat sayur Betawi dan bubur ayam Jakarta

Seperti yang sudah-sudah, saya membuat oliebollen untuk merayakan pergantian tahun yang baru lalu, 2013-2014. Oliebollen bikinan saya memang menjadi favorit R maupun keluarganya. Tapi bukan karena cemilan yang satu ini menjadi favorit R dan keluarganya yang menjadi alasan saya membuatnya sebagai suguhan dalam perayaan malam tahun baru. Oliebollen ini satu dari beberapa cemilan khas Belanda […]

Bubur brokoli

Sejak kecil saya hobi banget makan bubur. Dulu, waktu saya masih sekolah di SD — SMA, sesekali saya minta dibuatkan bubur oleh ibu saya. Ibu selalu senang kalau anak-anaknya minta dimasakkan ini dan itu. Tapi kalau saya minta dibuatkan bubur, biasanya beliau akan tanya, apakah saya sakit atau sedang nggak enak badan. Soalnya kok sampai […]

sabtu pagi, brownies dan macaroni schotel

Hari ini, Sabtu, saya bangun lumayan pagi.. jam 8.. haha.. Ya, buat saya jam 8 itu lumayan pagi. Wong hari Sabtu kok. Padahal tadi malam saya baru berangkat tidur jam setengah 2 pagi. Ron masih asyik nglungker. Biarlah. Dia juga butuh mbangkong. Jadi saya turun ke ruang teve. Setelah membuka gorden jendela depan, saya duduk […]

nasi bakmoy

Rabu, 31 Oktober yang lalu saya pergi main ke Leiden. Itu salah satu kota pelajar di Belanda dengan universitasnya yang terkenal: Leiden Universiteit. Universitas Leiden. Saya ke sana untuk memenuhi janji bertemu dengan tiga teman. Satu orang senior saya ketika dulu studi Antropologi di Universitas Indonesia, Depok. Dia sedang menjalani program doktoral di Universitas Gadjah […]