Category bread

roti pentung ++

Kemarin, senin, siang saya pergi ke rumah sakit diantar suami. Dalam perjalanan saya menawarkan untuk membuat roti kismis sebagai makan siang dia untuk hari rabu. Dia menyambut gembira. Dia bilang, “Sekali-kali roti dengan citarasa berbeda.” Lah iya. Soalnya hampir tiap hari sangu makan siangnya roti isi keju. Kalau nggak ya roti isi ham. Semua gurih. […]

chapatti

Sudah lama tidak makan makanan India kok ya ternyata kangen juga. Jadilah akhir pekan lalu saya bikin chapatti. Apa sih chapatti?  Roti lempeng ala India. Tanpa ragi. Bahannya hanya tepung terigu protein tinggi, sejumput garam, air secukupnya untuk mencampur dan menguleni tepung. Lalu adonan diuleni hingga kalis dan nyaris elastis. Istirahatkan 10-15 menit. Lalu dibuat […]

dapur di akhir tahun

Setelah mangkir nyaris setahun penuh dari Kitchen Epic, saya bertekat untuk mulai rajin lagi mengunggah cerita dari dapur saya. 2017 saya akhiri dengan bikin roti tawar dan oliebollen. Di tulisan ini saya cuma akan bercerita tentang roti tawar. Cerita tentang oliebollen akan diposting terpisah. Lama tak bikin roti, apapun, akhirnya saya bikin roti tawar lagi. […]

selamat tinggal 2017. selamat datang 2018

Gereja-Altar

Kawin campur bisa terjadi pada siapa saja. Pada apa saja. Misalnya seperti yang terjadi pada kentang-teri-kacang balado Indonesia dan garlic naan India dalam foto-foto di postingan ini. Di lain waktu saya menyantap rendang tidak dengan nasi putih panas ngepul-ngepul, tapi dengan roti bulat Eropa, dinner roll. Kadang si rendang saya santap dengan chapatti atau dengan kentang […]

bakpao isi rendang

Sebulan yang lalu suami saya bikin rendang. Seperti biasa, dia pakai bumbu instan yang dibeli di supermarket. Bumbu rendang instan ini produksi Belanda. Jadi rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Belanda. Not bad. Tapi…. ya gitu deh. Seperti biasa juga, kami cuma menghabiskan separo porsi rendang. Itupun dalam tiga hari berturut-turut. Selebihnya kami simpan dalam lemari pembeku. […]

sourdough fougasse

Entah sudah berapa lama saya tidak berhalo-halo dengan Sandra Dodo. Itu nama adonan asam saya. Iya, sourdough saya bernama Sandra Dodo. Nama depannya diberi oleh Ron, suami saya. Nama belakangnya, Dodo, pemberian keponakan saya. Sandra Dodo lahir pada tanggal 18 april 2013. Itu hari pertama saya meramu dan menjadikannya. Hanya dari 25 gram tepung wholewheat, 25 gram air dan […]