kembang tahu

Dulu… waktu jaman kecil… saya pernah mencicipi kembang tahu. Si abang penjualnya memikul panci berisi kembang tahu berkeliling kampung dan melewati rumah orangtua saya juga. Tak pernah ingat rasanya. Bahkan tak ingat apakah dijual hangat atau dingin. Kalau nggak salah sih di Jakarta dijual sebagai hidangan dingin. Yang saya ingat hanya satu. saya nggak ngefans dengan dessert yang satu ini.

Tapi beberapa waktu yang lalu saya melihat foto kembang tahu di internet. Entah mengapa kok tergelitik kepingin nyoba bikin. Ternyata di negara asalnya sana kembang tahu dihidangkan sebagai dessert hangat ketimbang dingin.

DSCF8561-edited 03

Akhirnya di suatu hari seminggu yang lalu saya memutuskan untuk mencoba bikin.  Dan ternyata kok suka.

Bahan-bahan untuk membuat kembang tahunya hanya susu kedelai, agar-agar bubuk atau bubuk gypsum atau bubuk sekau atau GDL (Glocono Delta Lactone). Saya sih pakai bubuk gypsum. Tapi semua tergantung mudah/sulitnya mengakses bahan pengental/pengeras ini. Yang paling mudah ditemukan di Indonesia pasti agar-agar bubuk. Sementara sirup gula jawa beraroma jahenya ya hanya gula jawa, air dan jahe. Kalau mau wangi bisa ditambahkan daun pandan 1-2 lembar. Mana suka.

DSCF8564-edited 03

Saya menyantapnya selagi masih hangat, ketika baru jadi. Tapi karena jadinya semangkok agak besar tak bisa saya habiskan dalam sekali makan. Sebagian saya simpan di lemari pendingin. Keesokan harinya saya habiskan sebagai dessert dingin.

DSCF8563-edited 03

Saya lebih suka menyantapnya hangat-hangat. Dengan guyuran sirup gula jawa beraroma jahe.

 

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: