boerenkool stamppot

Stamppot adalah salah satu hidangan tradisional kebanggaan negara kincir angin, Belanda. Apa maksudnya stamppot? Pot diartikan panci. Stamp dari kata kerja stampen. artinya dilumatkan. Atau terjemahan bebasnya: dibejek2.. hihihi…

DSCF8315-edited 03

 

Secara umum dan tradisional, stamppot menggunakan bahan dasar kentang. Kentang yang direbus dan dicampur dengan/dilumatkan bersama satu, atau beberapa, jenis sayuran. Sayuran yang biasa digunakan untuk campuran stamppot misalnya andijvie (endive), boerenkool (kale), zuurkool/sauerkraut (fermented shredded cabbage), wortel-uien (carrot-onion). Nah… stamppot dengan campuran wortel-bawang bombay ini tidak disebut dengan nama stamppot, melainkan hutspot.

Ada juga jenis stamppot yang dicampur dengan buah. biasanya apel atau pir. Stamppot yang dibuat dengan campuran apel disebut hete bliksem (hot lightning). Sedangkan yang dibuat dengan campuran buah pir disebut blauwe bliksem (blue lightning). Tolong jangan tanya saya, kenapa?

Stamppot dalam versi kontemporer bisa mengabaikan kentang sebagai bahan dasar. Sebagai gantinya digunakan ubi atau labu kuning.

DSCF8282-edited 03

Akhir pekan yang lalu saya membuat boerenkool stamppot (kale stamppot). Kentangnya saya panen di supermarket dekat rumah. Boerenkool-nya hasil menanam sendiri di kebun belakang. Iya, boerenkool termasuk tanaman yang tahan hawa dingin. Jadi boerenkool ini satu dari sedikit tanaman yang bertahan dan tetap hijau di kebun belakang saya di sepanjang musim dingin. Bahkan ketika di bulan terakhir tahun lalu tertimbun salju selama beberapa hari.

Menurut petani boerenkool Belanda, boerenkool justru terasa lebih enak setelah diterpa hawa dingin beku. Jadi saya menahan diri untuk tidak memanen daun boerenkool di kebun belakang sampai mereka dipeluk hawa dingin beku berikut saljunya.

DSCF7976-edited 03

DSCF8286-edited 03

Saya bisa merasakan bedanya dengan jelas boerenkool yang hasil membeli di supermarket dan boerenkool dari kebun belakang. Cacahan kasar daun boerenkool yang berasal dari supermarket terasa sungguh perkasa saat dikunyah, bahkan setelah diolah (direbus). Dan merebusnya butuh waktu agak lama supaya tidak terlalu alot. Sementara saya cuma butuh 2-3 menit untuk merebus daun boerenkool dari kebun belakang. Dan hasilnya bertekstur lembut. Beda bener dari yang keluaran supermarket. Entah kenapa. Padahal daun boerenkool yang saya petik bukan daun yang muda. Saya memetik daun yang sudah mekar terbuka kerut lipit-lipitnya tapi belum terlalu tua. Mungkin ini dampak pelukan hawa dingin beku berikut salju seperti yang dibilang petani boerenkool Belanda itu ya.

DSCF8304-edited 03

DSCF8313-edited 03

Secara tradisional stamppot dibuat dengan membubuhkan sedikit susu putih dan secuil mentega supaya hasil akhirnya terasa lebih creamy. Saya pribadi memilih untuk mengabaikan dua materi tersebut. Sebab kentang yang dipakai untuk membuat stamppot biasanya sudah creamy. Enak sekali.

 

Walaupun ada beberapa jenis stamppot yang dibuat dengan membubuhi cuka, saya pakai natural vinegar, namun secara umum stamppot hanya berbumbu garam, lada hitam bubuk dan pala bubuk. Boerenkool stamppot adalah salah satu jenis stamppot yang pembuatannya menggunakan spek. Spek, atau daging bakon dalam Bahasa Indonesia, adalah daging babi bagian punggung dan perut yang mengandung lemak. Diiris kecil-kecil lalu digoreng tanpa minyak (disangrai). Sebab lemak yang terkandung pada spek akan mengeluarkan minyak saat disangrai. Di Belanda spek yang diiris kecil-kecil ini bisa dibeli siap pakai di supermarket. Jadi saya tidak pernah harus repot mengiris spek menjadi potongan kecil-kecil.

DSCF8318-edited 03

Stamppot adalah hidangan khas musim dingin. Biasanya disantap dengan sekerat daging yang dibumbui sedikit garam dan bubuk lada hitam lalu digoreng dengan sedikit minyak atau mentega/margarin. Kalau suka bisa juga menyantapnya dengan sepotong sosis, baik yang biasa maupun yang diasap.

Hhmmm…

 

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: