shepherd’s pie

Sudah sering saya mendengar pie yang satu ini. Ya di program memasak di teve. Ya dari internet. Ya dari cerita-cerita adik saya. Tapi selama ini saya belum pernah mencoba bikin.

Adik saya lumayan sering menyebut-nyebut pie yang satu ini. Dia cukup sering membuatnya. Anak perempuan semata wayangnya hobi banget makan shepherd’s pie. Keponakan saya yang satu ini menyantap shepherd pie untuk makan siang, untuk makan malam, dan terkadang juga untuk sarapan. Hihihi…

Shepherd’s pie memang bukan jenis pie manis. Shepherd’s pie adalah jenis pie gurih. Daaannn… sangat mengenyangkan.

Apa sebenarnya shepherd’s pie?

Bahan dasarnya kentang yang direbus, dikupas dan dilumatkan. Daging cincang dan beberapa jenis sayuran juga menjadi bagian dari bahan dasar pembuatan shepherd pie.

Menurut sejarah yang ditemukan di buku-buku resep kuno, shepherd’s pie awalnya bernama cottage pie. Hidangan yang satu ini awalnya dibuat untuk memanfaatkan sisa daging panggang yang disantap di hari sebelumnya. Dagingnya bisa daging apa saja. Cara membuatnya dengan melapisi loyang atau wadah keramik dengan adonan kentang lumat. Lalu menuangkan adonan isinya yang adalah daging panggang suwir atau cacah yang sudah dibumbui sekadarnya untuk memperkuat dan menegaskan rasa. Kemudian adonan isi ditutup dengan adonan kentang lumat. Cara memasaknya dengan dipanggang dalam oven hingga matang kuning kecoklatan.

Cottage pie baru kemudian dikenal juga dengan nama shepherd’s pie sekitar tahun 1877. Sejak itu istilah shepherd’s pie digunakan bersamaan dengan cottage pie, apapun jenis daging cincang yang digunakan. Namun di Inggris nama shepherd’s pie digunakan bila hidangannya menggunakan bahan dasar daging kambing atau domba.

Informasi di atas ini saya dapat dari sini.

dscf4505-edited-01

dscf4504-edited-01

Minggu lalu akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuatnya. Selain penasaran juga karena mati gaya, nggak tahu mesti masak apa. Kalau bikin shepherd pie saya akan selamat dari keharusan memasak selama 2-3 hari.

Resepnya?

Saya cari di internet. Tapi, seperti biasanya, saya tidak mengambil satu resep tertentu. Saya mengkombinasikan 2-3 resep dan membuat resep baru dari gabungan 2-3 resep tersebut. Hal ini juga terjadi saat mencoba membuat shepherd pie. Namun ide dasarnya saya ambil dari sini.

dscf4506-edited-01

Ketika memasak adonan isi saya tidak menambahkan air atau kaldu. Saya cuma memasukkan kaldu blok. Cairannya cuma saya peroleh dari sayuran yang saya pakai: wortel dan kacang polong beku. Sebab saya ingin agar bagian isi shepherd pie ini cukup padat. Kebanyakan foto shepherd pie yang saya lihat di internet kok lumayan basah. Ini sangat bisa jadi karena resepnya meminta air atau kaldu.

dscf4517-edited-01

 

Dan akhirnya jadilah shepherd pie pertama bikinan saya. Enak. Kebetulan kok rasanya pas. Ah senangnya. Dan tambah senang karena suami saya juga suka.

Dan apalah artinya menyantap shepherd pie tanpa saos sambal ABC?

Mari makan.

dscf4523-edited-01

* * * * * * *

Leave a Reply

