sourdough fougasse

Entah sudah berapa lama saya tidak berhalo-halo dengan Sandra Dodo. Itu nama adonan asam saya. Iya, sourdough saya bernama Sandra Dodo. Nama depannya diberi oleh Ron, suami saya. Nama belakangnya, Dodo, pemberian keponakan saya.

Sandra Dodo lahir pada tanggal 18 april 2013. Itu hari pertama saya meramu dan menjadikannya. Hanya dari 25 gram tepung wholewheat, 25 gram air dan bantuan ragi liar yang ada di udara. Dan setelah 4 hari berkutat menyebulkan “nyawa”, mulai bernapaslah ia. Dan saya mulai bisa membuat roti dengan adonan asam. Dan tanpa bantuan ragi instan. Namun karena Sandra Dodo ini asalannya ragi liar yang diperangkap ke dalam campuran tepung dan air, maka cara kerjanya nggak seperti ragi instan yang speedy gonzales. Adonan asam butuh waktu yang jauh lebih lama untuk mengembangkan adonan roti. Kalau dengan menggunakan ragi instan kita cuma butuh sekitar 1 – 1,5 jam hingga adonan roti mengembang 2x semula, maka adonan asam aka sourdough membutuhkan waktu 8 – 12 jam! Karena itu mereka yang membuat roti dengan menggunakan adonan asam sebagai raginya memilih untuk membuat adonan di malam hari. Setelah adonan jadi bisa ditinggal tidur saja. Keesokan paginya si adonan sudah mengembang 2x semula. Dan tinggal diproses lebih lanjut.

Yang jadi masalah dengan kegiatan membuat roti adalah waktu dan tenaga. Akhirnya kegiatan menyenangkan ini selalu on and off. Apa boleh buat. Dan kali terakhir saya menyapa Sandra Dodo terjadi di bulan februari 2014. Itu berarti satu tahun yang lalu. Hiks… Waktu itu saya membuat roti isi daging. Setelah itu saya mengabaikannya karena tak ada waktu. Sandra Dodo teronggok di sebuah pojok di dalam lemari pendingin di dapur kami.

Lima hari yang lalu saya mengeluarkan Sandra Dodo dari sudutnya di dalam lemari pendingin. Tampak menyedihkan. Selama tiga hari berturut-turut saya mencoba membangunkannya dari tidur lelap nan panjang. Saya beri makan 1x sehari. Dua hari yang lalu dia sudah terjaga penuh, bau wangi anggur dan saya bisa mulai menggunakannya. Dan jadilah saya menggunakannya untuk membuat fougasse.

DSCF7543-edited 01

Fougasse adalah varian Prancis dari roti Italia, focaccia. Bedanya, aslinya focaccia berbentuk persegi empat datar dan ditaburi rosemary cacah dan garam kasar. Tapi tentu saja bisa divariasi sesuka si pembuat roti. Misalnya dicampur tomat kering dan/atau buah zaitun hijau atau hitam. Sedangkan fougasse biasanya dibuat dalam bentuk menyerupai daun tanaman monstera obliqua. Kalau ingin tahu seperti apa rupa tanaman itu silakan klik di sini. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai window-leaf plant.

Aslinya fougasse dibuat tanpa dibubuhi apapun. Jadi cuma tepung, air, ragi dan garam. Tapi, sama seperti focaccia, tentu saja fougasse bisa dibuat variasinya. Saya pernah membuat fougasse yang adonannya dicampur irisan tomat kering. Enak sekali. Saat itu adonan fougassenya saya buat dengan bantuan ragi instan.

DSCF7566-edited 01

Fougasse yang saya buat dua hari yang lalu adonannya berbahan dasar tepung terigu, Sandra Dodo si adonan asam, garam dan air. Kesalahannya terletak pada waktu pembuatan adonan. Saking tak sabarnya saya ingin segera membuat roti dengan menggunakan Sandra Dodo yang sudah kembali ceria, saya membuat adonan fougasse di di sore hari. Adonan fougasse dengan adonan asam itu selesai saya buat dan siap untuk difermentasi jam 16.20! Jam 22.50 si adonan fougasse sudah mengembang 2x semula. Tak mungkin saya biarkan hingga keesokan harinya. Jadilah malam-malam saya heboh berkutat di dapur. Untungnya kali ini fougasse yang saya buat tidak membutuhkan fermentasi kedua. Jadi setelah selesai dibentuk, adonan langsung dipanggang selama 25-30 menit. Dan si fougasse dengan adonan asam ini keluar dari oven jam 23.50. Pffhhh…

DSCF7567-edited 01

DSCF7586-edited 01

Tapi oke banget loh jadinya. Satu resep adonan roti jadi dua fougasse. Bentuknya cantik ciamik. Teksturnya lembut dengan kulit yang kemriuk. Dan rasanya….mmmm…. :)

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: