sweet lassi sederhana

Pernah coba minum lassi? Itu loh… minuman dingin dengan bahan dasar yogurt.

Pertama kali saya mencicipi lassi ketika saya tinggal di Delhi. Yang saya cicipi adalah lassi manis. Sweet lassi. Bahan dasarnya sederhana. Yogurt tawar (plain yogurt), gula pasir dan sedikit air es.

Setelah sekian lama absen, du hari yang lalu saya bikin yogurt lagi. Ya, homemade yogurt. Kali ini saya bikin sedikit lebih banyak. Kalau biasanya cuma menggunakan 500 ml susu, kali ini saya pakai 600 ml. Tapi saya tetap menggunakan 2 sdm munjung yogurt tawar siap santap sebagai biangnya. Setelah diperam di tempat yang hangat (sekitar 35 derajat Celcius) selama 5,5 jam si yogurt jadinya oke banget.

DSCF4829-edited

DSCF4830-edited

DSCF4833-edited

Sayangnya yang doyan yogurt tawar cuma saya. Suami saya, R, nggak doyan. Biasanya saya gunakan yogurt tawar untuk membuat salad yogurt. Kadang saya membuat raita ketimun-tomat. Enak deh. Sederhana, mudah dibuat tapi enak dan sehat. Dan sudah sekitar seminggu terakhir ini saya lagi gencar mengkonsumsi yogurt tawar, nggak tau kenapa. Kalau biasanya, yang paling sering, saya bikin raita ketimun-tomat, beberapa kali terakhir ini saya cuma mengkonsumsi si yogurt tawar dengan membubuhkan sedikit garam dan lada hitam bubuk. Ini raita sederhana. Saya menyantapnya bersama nasi dan lauk. Karena kali ini saya membuat yogurt dengan 100 ml susu lebih banyak, maka makin banyak juga yogurt yang mesti saya habiskan. Bikin raita dan salad yogurt dengan segala variasinya jadi tidak cukup.

Siang tadi, sepulang dari pusat pertokoan kecil di kota kecil tempat saya tinggal, mendadak saya kangen minum lassi. Jadi saya ya langsung ke dapur. Setelah cuci tangan saya langsung mengeluarkan botol berisi yogurt dari lemari pendingin. Saya cuma menggunakan 200 gram yogurt, 1 1/2 sdm gula pasir dan 1/3 gelas air dingin. Cukup untuk membuat satu gelas besar lassi manis sederhana. Kan yang minum cuma saya.

DSCF4843-edited

Pertama-tama yogurt dan gula pasir saya kocok dengan menggunakan whisk sampai yogurt menjadi halus dan agak berbuih. Lalu tuangkan air dingin/es. Kocok lagi hingga benar-benar rata dan berbuih banyak. Tuangkan lassi ke dalam gelas saji yang cukup besar. Nikmati segera selagi masih dingin.

* * * * * * *

Leave a Reply

