selamat pagi aloo parantha!

Bumi basah dan alam sekitar gelap muram saat saya bangun pagi ini. Ah… Untunglah kemarin saya sudah membereskan dan membersihkan rumah habis-habisan. Jadi hari ini saya bisa sedikit santai. Hari yang gelap dan basah kurang mendukung mood untuk beberes rumah. Hari-hari semacam ini lebih asyik dinikmati dengan membaca atau merajut atau menjahit sambil mendengarkan musik yang tenang.

Tadi malam R dan saya menyantap saucijzen sebagai makan malam. Sosis berukuran besar. Kami menyantapnya dengan kentang rebus yang ditaburi pala bubuk dan kol merah yang dirajang dan direbus dengan garam, sedikit gula pasir dan cuka. Ini kalau bikin sendiri. Kami pakai yang siap saji.

DSCF4764-editedKetika menyiapkan makan malam kemarin itu, saya mengupas kentang terlalu banyak. Tapi tetap saya rebus semuanya. Setelah matang, beberapa potong saya sisihkan dalam sebuah mangkuk kecil. Saya terpikir untuk membuat isi aloo parantha. Aloo parantha adalah roti India yang diisi dengan kentang rebus yang dihancurkan dan dibumbui garam, cabe bubuk, sedikit kunyit bubuk, ketumbar bubuk dan jintan bubuk. Kalau pas punya daun ketumbar (rajang halus), lebih enak lagi. Lalu isi aloo parantha itu saya simpan di lemari pendingin sambil menunggu pagi datang.

Dan pagipun datanglah dengan segala suram dan basahnya.

Pagi di hari kerja selalu saya mulai dengan membuat teh panas dengan sedikit madu. Setelah itu saya mulai menyiapkan sangu untuk makan siang R di kantor. Baru kemudian saya bisa duduk santai di sofa, menyeruput teh panas sambil membaca atau merajut atau membuka dan membaca surat-surat elektronik yang masuk ke inbox. Atau kadang saya hanya duduk tenang di sofa, menikmati teh panas sambil memandangi pagi di luar sana dari balik jendela depan.

Pagi ini, setelah R berangkat ke kantor, saya mulai beraksi. Membuat adonan roti parantha. Saya pakai 1/2 cangkir terigu protein tinggi dan 1/2 cangkir terigu whole wheat, 1/3 cangkir air, sejumput garam halus dan 1 sdt minyak sayur. Semua bahan saya campur dan uleni dalam satu wadah sampai menjadi adonan yang kalis dan cukup elastis. Lamanya menguleni kurang lebih 3-5 menit. Lalu bungkus adonan dengan cling film dan istirahatkan selama 10-15 menit.

DSCF4766-edited

DSCF4768-edited

Panaskan wajan datar anti lengket dengan api sedang cenderung kecil. Ambil sedikit adonan dan bulatkan hingga menjadi bulatan-bulatan sebesar bola pingpong. Bulatkan, pipihkan dengan diameter 5 cm, isi dengan 1 sdm adonan isi (kentang puree berbumbu). Rekatkan dan bulatkan lagi adonan roti yang sudah diberi isi itu. Lumuri dengan terigu tipis-tipis, pipihkan dan gilas hingga mencapai ketebalan 3 mm. Jangan lupa untuk melumuri dengan sedikit terigu setiap kali agar adonan tidak melekat di papan gilas.

DSCF4769-edited

DSCF4777-edited

Tetesi wajan dengan air. Bila air langsung menguap berarti wajan telah siap untuk digunakan. Taruh adonan aloo parantha yang telah digilas dalam wajan. Tunggu hingga aloo parantha mulai menggelembung di sana-sini. Setelah itu balikkan untuk mematangkan sisi yang lain. Lumuri permukaan aloo parantha dengan sedikit minyak. Setelah beberapa menit, balikkan lagi aloo parantha dan lumuri juga sisi yang satu lagi dengan sedikit minyak. Balikkan lagi beberapa kali sambil ditekan-tekan sedikit dengan sutil datar. Angkat dan taruh dalam piring saji. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan parantha dan isinya.

DSCF4780-edited

DSCF4754-edited

Santap aloo parantha dengan acar campur India dan secangkir teh susu berbumbu India, chhai, atau secangkir kopi susu. Ketika saya tinggal di Delhi, sering kali saya menyantap aloo parantha ini dengan dahi. Dahi adalah bahasa Hindi untuk plain yogurt. Kalau tidak terlalu suka dengan rasanya yang tawar agak asam, bisa membubuhi yogurt tawar dengan sedikit garam halus dan lada hitam bubuk. Hmmm…

DSCF4784-edited

* * * * * * *

2 comments

  1. This is amazingly so similar to Chinese Green Onion pancake… not that we roast it over the direct heat, but I am so fascinated by different types of fried bread and pancake type bread/tortillas from different countries. Thanks for sharing.

    1. Hi Polly Bee,
      you’re most welcome. glad to have you visiting my blog and leaving a comment on this post. I’ve just check on the chinese green onion pancake you mentioned. I’ll try to make it soon. thanks for the info. wishing you a nice day. – Retno –

Leave a Reply

