shortbread di hari minggu yang lesu

Minggu adalah hari kami bermalas-malasan. Bangun siang. Pergi mandi lebih siang lagi. Tidak melakukan apapun selain nonton teve seharian. Tapi hari Minggu ini kami super duper malas. R dan saya. R sedang tidak enak badan. Dia mulai merasakan dampak ketularan flu dari rekan-rekan seruangannya di kantor. Bersin tiada henti dan tulang-tulang berasa ngilu. Hampir semua orang mulai pada sakit. Ini memang musimnya. Cuaca makin dingin. Pakaian makin tebal. Yang jelas makin sulit buat garuk-garuk kalau gatal sementara pakaian berlapis-lapis. Coba… gimana caranya?

DSCF4237-editedTapi sore-sore R tiba-tiba bergerak ke dapur. Waktu saya tanya mau apa, dia bilang, “Aku kepingin bikin cake jahe pakai kismis.” Ouw!! Dan mulailah dia berkutat di dapur, mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Aktivitas R jadi menginspirasi saya juga. Sudah tiga hari terakhir saya kepingin bikin shortbread. Jadilah akhirnya saya juga bergerak ke dapur, merecoki keleluasaan gerak R membuat cake jahe-kismis.

Shortbread berasal dari Scotlandia. Walaupun mulai dikenal sejak abad ke-12 namun kue kering ini mendapat bentuk yang baku dan popularitas pada abad ke-16 berkat ratu Scotlandia saat itu, Mary Stuart atau Mary I. Dan sejak lama juga menjadi kue kering khas Inggris Raya.

Kenapa short?

Oleh karena teksturnya yang gembur masir. Bahasa Inggrisnya: crumbly. Dalam bahasa Inggris kuno, kata short memiliki makna crumbly, gembur. Tekstur yang gembur ini dikarenakan kandungan lemak yang tinggi. Ya, salah satu bahan dasar shortbread adalah mentega.

Kenapa bread?

Ide dasar penciptaan shortbread ini adalah rusk. Rusk adalah jenis roti biskuit yang umum dikenal pada Abad Pertengahan. Roti biskuit ini dipanggang dua kali. Roti yang sudah selesai dipanggang kemudian diiris-iris dengan ketebalan kurang lebih 1 cm, kemudian kedua sisinya diolesi mentega dan ditaburi gula pasir dan bumbu bubuk, semisal kayu manis. lalu dipanggang lagi dengan suhu yang rendah hingga keras dan kering. Dalam perjalanan waktu, penggunaan ragi untuk membuat roti biskuit ini digantikan oleh mentega. Sehingga didapatlah tekstur yang lebih lembut tapi tetap gembur renyah. Ya, rusk, walaupun crumbly tapi keras.

DSCF4229-edited

DSCF4230-edited

Prinsip dasar pembuatan shortbread adalah 1 : 2 : 3 untuk gula, mentega dan tepung. Satu bagian gula berbanding dua bagian mentega berbanding tiga bagian tepung. Namun pada penerapannya masing-masing individu bisa membuat modifikasi sesuai selera. Adonan dengan bahan dasar gula pasir, mentega dan tepung ini kemudian digilas setebal kurang lebih 1 cm dan dibentuk sesuai selera. Bentuk tradisional shortbread adalah bundar. Dipanggang dengan suhu rendah, 160° C, selama 15-20 menit dan kemudian dibelah 8 saat masih panas untuk mendapat bentuk menyerupai segitiga dengan salah satu sisi melengkung. Lalu shortbread yang sudah diiris menjadi 8 bagian ini didinginkan lebih lanjut sebelum kemudian dimasukkan ke dalam stoples.

Hasil panggang dengan suhu 160° C selama 15-20 menit ini menghasilkan kue kering yang pucat. Putih kekuningan. Saya kurang suka. Serasa makan kue kering belum matang. Jadi saya memanggang shortbread sedikit lebih lama hingga warnanya kuning kecoklatan. Tapi ini sih sesuai selera pribadi masing-masing.

DSCF4233-edited

DSCF4234-edited

Pada masanya dulu, shortbread adalah jenis kue kering yang mahal harganya. Disajikan sebagai sebuah kemewahan pada saat-saat tertentu, seperti Natal, Hogmanay (perayaan malam tahun baru khas Scotlandia) dan pesta pernikahan.

DSCF4237-edited

Hari ini, minggu, tanggal 15 desember. Saya membuat shortbread ini dalam rangka persiapan Natal yang tinggal 10 hari lagi… :)

==========================

sumber informasi: Wikipedia dan The Free Dictionary.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: