poori dan tumis kubis rumahan ala India

Saya suka kangen India. Delhi khususnya. Empat tahun penuh kenangan yang indah bikin India… hmm.. Delhi… punya tempat khusus dalam hati saya. Salah satu yang sering saya kangeni adalah makanan tradisionalnya. India punya banyak ragam makanan. Seperti Indonesia, masing-masing daerah punya kekhasannya masing-masing. Namun tinggal di ibukota negara bikin saya tidak terlalu memihak pada kekhasan makanan dari satu daerah tertentu. Delhi bagai melting pot. Segala jenis makanan dari semua daerah di India ada di sana.

DSCF4108-editedNamun salah satu jenis makanan yang sering saya kangeni kadang bukan dari satu daerah tertentu. Jenis makanan klangenan saya justru makanan apapun yang merupakan hasil masakan rumah sebuah keluarga lokal di Delhi. Ini gara-gara sesekali saya diundang makan di rumah teman lokal atau di rumah Guru ji, begitu saya memanggil guru tari saya.

Akhir pekan yang lalu saya saya rindu makan tumis kubis ala India dan poori. Tumis kubis ini bisa disantap dengan nasi putih biasa. Bisa juga disantap dengan chapatti atau plain parantha atau poori. Kali ini saya memilih menyantap tumis kubis dengan poori.

Poori adalah satu jenis roti pipih India yang diolah dengan cara digoreng dalam minyak yang banyak. Bahan bakunya adalah tepung terigu, sejumput garam, 1-2 sendok makan minyak goreng dan air secukupnya. Semua bahan ini dicampur, diaduk dan diuleni hingga kalis tapi tidak sampai terlalu elastis. Secukupnya saja. Lalu adonan ditutup dengan serbet kering yang bersih atau dibungkus cling film selama 10-15 menit. Kemudian dibuat bola-bola kecil. Masing-masing bola ini kemudian dibalur dengan tepung terigu, dipipihkan dan digilas hingga tipis. Setelah itu digoreng dalam minyak panas.

DSCF4110-editedCara menggoreng yang benar adalah adonan poori yang sudah dipipihkan ini harus menggembung dalam minyak panas. Ini tandanya roti poori ini akan lembut ketika dikunyah. Poori yang tidak menggembung ketika digoreng dalam minyak panas akan lekas keras ketika sudah menjadi dingin.

DSCF4118-editedSementara tumis kubis ala India ini sederhana sekali cara membuatnya. Kubis dicacah halus memanjang. Tumis bawang bombay dan cabai rawit cincang dengan 2-3 sdm minyak goreng hingga harum, lalu masukkan jintan bubuk, ketumbar bubuk, sedikit kunyit bubuk dan garam secukupnya. Tambahkan 2 sdm minyak goreng dan teruskan menumis bumbu selama 2 menit. Aduk terus. Masukkan kubis cacah. Aduk rata sesekali dan masak terus selama 5 menit. Lalu tutup wajan dan teruskan memasak selama 5 menit. Aduk sesekali dan tambahkan sedikit air bila tumisan menjadi agak kering. Matikan api. Hidangkan tumis kubis selagi masih panas dengan nasi putih dan poori atau roti india jenis lain.

 * * * * * * *

Leave a Reply

