teh rambut jagung

DSCF2509-edited Selain suka masak, saya juga suka berkebun. Tahun ini saya mencoba menanam jagung manis. Hmmm.. Sebenarnya sebelum musim panas tahun ini saya sudah mencoba beberapa kali menanam jagung manis. Dari biji. Tapi sama sekali nggak pernah berhasil.

Kali ini, sebelum mulai menanam benih biji jagung manis di tanah saya mencari berbagai informasi tentang tanaman ini. Ternyata biji jagung hanya mau tumbuh di tanah yang subur dan suhu udara yang lumayan panas. Pantas saja beberapa kali mencoba saya gagal terus. Sebab sebelum tahun ini, setiap kali mencoba menanam jagung manis dari biji, saya selalu menanam bijinya di sisa lahan yang ada. Dan, iya, sisa lahan tersebut adalah bagian lahan yang kurang subur, kurang gembur. Lalu beberapa kali juga saya mencoblokkan benih biji-biji jagung manis itu ketika suhu udara di luar belum cukup hangat. Nah, dengan berbekal informasi yang jauh lebih banyak ketimbang tahun-tahun yang lalu saya coba lagi. Dan kali ini sukses. Aiihh… hati saya berbunga-bunga meriah.

DSCF1604-edited

DSCF2503-edited

Tanaman jagung manis tumbuh makin besar. Saya mulai sibuk membuat daftar hidangan yang memuat jagung manis sebagai salah satu bahan utamanya. Jagung rebus, jagung bakar, sup jagung, bakwan jagung, chilli con carne.

Ketika sibuk mencari-cari resep aneka jagung manis, saya menemukan situs yang memuat informasi tentang kegunaan rambut jagung. Ternyata rambut jagung punya manfaat herbal. Wowww.. baru tau saya! Kontan saya baca dengan teliti informasi tentang manfaat rambut jagung ini.

DSCF2552-edited

Ternyata rambut jagung mengandung protein, vitamin, mineral dan zat besi, dan sudah digunakan sebagai obat herbal sejak 5000 tahun sebelum masehi. Untuk informasi yang lebih lengkap silakan membaca di sini. Informasi di link tersebut mencakup: pengantar (overview), kegunaan (uses), akibat sampingan (side effects), penggunaan rambut jagung sebagai obat herbal yang berbarengan dengan obat medis (interactions), dosis (dosing).

DSCF2691-edited

DSCF2692-edited

Penggunaan rambut jagung sebagai obat herbal ini paling banyak dengan cara dibuat sebagai teh. Teh rambut jagung. Caranya: Buang rambut jagung di bagian luar pucuk selongsong kulit jagung. Kupas kulit jagung. Pisahkan rambut jagung bagian dalam dengan hati-hati dari jagung. Lalu taruh rambut jagung dari dua buah jagung dalam panci, tambahkan 1,5 cangkir air, rebus selama 10-15 menit. Tuang ke dalam gelas/cangkir dengan menggunakan saringan. Teh rambut jagung ini bisa diminum setelah agak dingin.

DSCF2694-edited

DSCF2696-edited

Rasanya? Seperti rasa jagung muda. Kalau saya sih meminum teh rambut jagung ini tanpa dibubuhi gula atau madu karena teh ini sudah agak manis. Buat saya loh.. :)

Catatan (penting untuk dibaca!):

Saya tidak punya keluhan kesehatan apapun. Meminum teh rambut jagung ini hanya saya lakukan sesekali dalam usaha menjaga dan mempertahankan kesehatan yang baik.

Bagi anda yang ingin mencoba teh rambut jagung untuk tujuan pengobatan kesehatan yang terganggu saya sangat menganjurkan untuk terlebih dulu membaca informasi tentang manfaat rambut jagung dan cara penggunaannya secara lengkap dan teliti, khususnya di bagian “penggunaan rambut jagung sebagai obat herbal yang berbarengan dengan obat medis (interactions)” dari situs yang linknya saya bubuhkan di bagian atas tulisan ini. Jangan sampai usaha memulihkan kesehatan malah berakibat memburuknya kesehatan anda karena tidak lengkap/teliti dalam membaca informasi dan instruksi.

DSCF2698-edited

* * * * * * *

Leave a Reply

