roti manis pilin ala challah

Sudah lama saya tidak menulis apa-apa. Kangen sekali. Tapi baru sekarang akhirnya bisa duduk tenang di depan komputer dan mulai mengetik postingan baru.. :)

Challah adalah roti khas bangsa Yahudi yang dibuat untuk perayaan hari Sabat dan hari-hari suci Yahudi lainnya. Roti ini buat saya khas karena pembentukannya dijalin.  Kalau mau mudah dijalin tiga, seperti mengepang rambut. Ada juga versi jalin 4, 5, 6 dan 8. Lalu ada yang bentuk bulat juga. Dan pakai dijalin juga. Semua ada tekniknya sendiri-sendiri.DSCF1502-edited

Suatu hari beberapa waktu yang lalu saya menonton program The Great British Bake Off. Ini satu dari sekian program milik BBC yang saya sukai. Jadi salah satu favorit dan wajib tonton. Nah ketika menonton saat itulah saya mengenal challah dengan sedikit lebih baik. The Great British Bake Off malam itu menayangkan teknik membuat roti challah jalin 8. Waahh… sambil ternganga menonton program ini saya juga sambil bertanya-tanya sendiri, kira-kira saya bisa nggak ya bikin roti jalin 8 itu.

Beberapa minggu sesudah menonton program yang menayangkan teknik jalin 8 roti challah itu saya kepingin bikin roti manis isi keju. Ini roti standard yang biasa saya buat. Biasanya untuk sangu makan siang Ron di kantor. Sekalian juga untuk makan siang cepat saji saya di rumah. Apalagi kalau sedang sibuk. Dengan adanya roti manis isi keju ini urusan makan siang jadi mudah. Tinggal emplok, kunyah, telan. Glek.

Nah, bikin roti manis kali itu saya ingin kombinasikan dengan mencoba teknik jalin 8 roti challah. Juga mencoba teknik jalin roti challah versi bulat. Jadilah adonan roti manis saya bagi jadi tiga bagian. Satu bagian untuk dibuat roti jalin 8. Satu bagian lainnya dibuat roti jalin versi bulat. Satu bagian terakhir saya buat roti kasur isi keju seperti biasa.

DSCF1474-edited

Walaupun terbata-bata mengikuti instruksi yang ada, akhirnya jadi juga. Ya roti jalin 8. Ya roti jalin versi bulat. Wuihh.. senang! Sayangnya roti jalin versi bulatnya setelah mengembang sebelum dipanggang dalam oven guratan hasil jalinannya nyaris tidak kelihatan lagi. Apalagi setelah selesai dipanggang. Makin nggak jelas. Tampak seperti roti bulat biasa. Halah. Percuma dijalin sampe nggetu, kata orang Jawa. Kalau roti kasurnya sih jelas jadi. Yang ini paling standard. Kalau sampai nggak jadi mah kebangetan!

DSCF1475-edited

Kalau roti challah yang asli bahan-bahannya sederhana saja. Tepung terigu, ragi, garam, minyak zaitun dan air. Setelah dikembangkan dan kemudian dijalin dan dikembangkan lagi lalu disemir telur kocok sebelum dipanggang. Kadang ditaburi biji wijen juga. Anyway, saya nggak berniat bikin roti challah. Cuma kepingin tahu apakah bisa membuat jalin 8 dan jalin versi bulat.

DSCF1500-edited

Bisa! :)

* * * * * *

Leave a Reply

