Ron bikin panada… yaaiiyyyy!! :)))

Ini terjadi sekitar 3 akhir pekan yang lalu.

DSCF0227-editedAwalnya Ron minta dibuatkan panada untuk bekal makan siang dia di kantor. Itu terjadi sekitar sebulan sebelum tiga akhir pekan yang lalu itu. Panada memang satu dari sekian snack gurih Indonesia yang menjadi favoritnya. Satu bulan berlalu dan saya belum sempat juga memenuhi permintaannya. Sibuk ini-itu nggak karuan. Dan akhirnya dia nggak sabar. Menagih lagi. “Jadi, kapan kamu akan membuatkan saya panada?” Hukk!! Saya bilang, “Weekend ini ya.” Dan dia senang.

Tibalah hari jumat. Jumat malam, sambil menonton teve, Ron tiba-tiba tanya, “Susah nggak sih bikin panada?” Mungkin dia pikir bikin panada itu susah. Makanya saya berlambat-lambat memenuhi permintaannya. “Nggak kok,” jawab saya. “Kira-kira saya bisa nggak bikin panada?” begitu dia tanya lebih lanjut. Saya melongo. Lalu tersenyum. Saya jawab, “Kamu pasti bisa. Sebab kamu bisa masak. Untuk bikin isinya ya tinggal menumis bumbu dan memasukkan daging ikan tuna kalengan. Selesai. Dan kamu juga sudah biasa numis-numis. Lalu untuk adonan rotinya, kita punya mesin roti. Kamu tinggal memasukkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat adonan roti. Pencet-pencet tombol dan mesin kerja. Kamu tinggal main game 30 menit, adonan roti sudah jadi. Tinggal disisihkan 1 jam sampai mengembang 2x. Kayaknya bagian yang paling sulit buatmu cuma pas memilin pinggiran adonan roti ketika sudah diberi isi. Bagian yang ini membutuhkan keterampilan jari dan latihan.”

Dia diam. Mikir.

Lalu, “Oke. Kalau gitu saya mau coba bikin panada,” begitu dia bilang. Lalu dia minta saya mencatatkan resep panada untuk dia. Walaupun bisa, tapi saya malas melakukannya dalam bahasa Belanda. Ron sendiri belum mahir membaca dan memahami bahasa Indonesia. Jalan tengahnya, resep saya tulis dalam bahasa Inggris, satu-satunya bahasa yang kami berdua menguasainya. Cukup mahir malah kalau sekadar untuk menulis dan membaca resep. Ha ha..

collage Ron's panada 02B

Saking bersemangatnya, dia nggak mau nunggu sampai hari minggu. Dia bikin panada hari sabtu. Lah!! Pasti hari minggu bakal sudah habis. Nggak ada lagi yang bisa dipakai bekal makan siang untuk hari senin. Tapi dia ngotot. Ya sudah. Orang mau dan bersemangat belajar kan mesti didukung. Jadi…. yuk yak yuk!!!

collage Ron's panada 01B

Untungnya semua bumbu yang diperlukan untuk bikin panada tersedia di dapur, kecuali kemangi. Yang ini harus beli khusus di toko Asia/oriental. Malaslah. Diganti dengan daun basil saja. Kalau daun basil di supermarket biasa juga ada. Ini gunanya pepatah: tiada rotan akarpun jadi. O ya, tuna kalengannya juga kebetulan punya stok.

Jadilah Ron menguasai dapur sepanjang sabtu sore tiga minggu yang lalu itu. Kalau berani-berani masuk dapur pas dia sibuk masak, siap-siap kena pelototan. Hi hi hi…

collage Ron's panada 03B

Adonan isinya enakk. Murid pintar!! Adonan rotinya juga bagus. Lah wong nguleni pake mesin. Ya mesti jadilah. Kalau nggak ya kebangetan. Lalu tibalah saat mengerjakan tahap akhir. membagi-bagi adonan roti menjadi beberapa bagian, membulatkannya kemudian memipihkan, mengisi dengan 2 sdt adonan isi, menutupnya dan memilin pinggirannya. Nah.. ini dia!!

collage Ron's panada 04B

Benar dugaan saya. Bagian yang ini memang bagian yang membutuhkan keterampilan. Dulu, ketika saya mencoba pertama kali juga kikuk dan hasilnya aduhai jeleknya. Tapi Ron nggak patah semangat. Ketika membuat panada untuk yang kedua kalinya, seminggu kemudian, hasil pilinan dia sudah lebih bagus. Dia bangga bener.. :))

DSCF0224-edited

Cita-cita dia: bikin bakpao dan roti isi daging cincang. Howweeekkk!!

* * * * * * *

Leave a Reply

