cake marmer

Saya rasa kita semua punya hal-hal favorit. Dan banyak hal-hal favorit tersebut datang dari masa kecil. Yang paling langgeng kita ingat biasanya berupa makanan.DSCF9767-edited

Salah satu makanan favorit saya adalah cake marmer. Marble cake. Cake yang satu ini cake favorit dari masa kecil saya. Dulu ibu saya sering membuatnya. Dan beliau sering membuatnya karena saya pesan khusus. “Mam, bikin cake marmer dong.” Dan ibu saya akan dan selalu dengan senang hati membuatkan untuk saya. Untuk kami sekeluarga. Dan biasanya kami menyantapnya sebagai penganan sore sambil minum teh atau kopi panas dan ngobrol ngalor-ngidul dan bercanda-canda di meja makan.

Kalau tidak salah dulu, di awal waktu menetap di Belanda, saya pernah membuat cake marmer, satu atau dua kali. Tapi saya sudah tidak ingat sama sekali apakah enak atau tidak. Dan pertanyaan yang lebih mendasar lagi: apakah sukses atau tidak. Sesudah itu saya tidak pernah membuatnya lagi. Nggak tau juga kenapa. Yang jelas saya memang tidak pernah terlalu bersemangat di lahan bikin-bikin cake. Pertama, sebab saya tidak terlalu doyan makanan yang manis-manis. Walaupun Ron doyan (sekali), saya berusaha untuk tidak menyuguhkan penganan yang manis-manis terlalu sering. Nggak sehat. Kedua, oven yang saya punya masuk kelompok oven jangkrik. Oven yang sebenarnya digunakan lebih untuk memanaskan/menghangatkan. Bukan untuk memanggang cake atau roti. Ukurannya pun super cimot. Ugghh..

Payahnya sudah hampir dua bulan ini saya memimpikan cake favorit masa kecil saya. Cake marmer. Duh, kalau sedang memikirkan dan membayangkan cake ini saya sampai ngiler di dalam hati. Hahaha… Ngiler kok sampai di dalam hati. Kebayang kan seperti apa kangennya?!

Dan akhirnya hari ini, tadi sore, saya jadi juga membuatnya. Bayangkan! Sudah ngiler sampai di dalam hati pun masih butuh hampir dua bulan untuk mewujudkannya. Kebangetan!

Yang paling saya suka dari membuat cake marmer ini adalah tingkat kesulitannya yang sangaaattt minim. Cake yang satu ini sangat mudah dibuat. Semua cukup dimixer saja. Habis itu dituang ke dalam loyang tulban atau loyang biasa yang sudah diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung secara merata. Lalu dipanggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180ºC selama 40-45 menit atau sampai matang kuning kecoklatan. Kalau oven jangkrik saya sih selalu butuh waktu lebih lama untuk memanggang apapun. Biasanya berkisar antara 10 — 30 menit lebih lama, tergantung apa yang sedang dipanggang. Cake marmer ini butuh waktu panggang 10 menit lebih lama. Jadi totalnya 55 menit. Dan tadi sore itu, ketika cake baru setengah matang di dalam oven, bau harumnya sudah menyebar sampai ke seantero ruang keluarga. Duh… saya ngiler lagi di dalam hati… Untuk mengalihkan perhatian dari mencium aroma cake marmer yang sedang dipanggang saya gunakan waktu untuk melanjutkan merajut cowl yang sedang saya kerjakan.

DSCF9753-edited

Ketika akhirnya cake marmer matang, wow…!! bagian atasnya sampai retak merekah. Bikin saya tambah ngiler dan nggak sabar ingin mencicipi si kue. Entah kenapa, bagi saya cake yang bagian permukaannya retak-retak merekah selalu lebih mengundang selera ketimbang cake yang permukaannya mulus rata.

DSCF9760-edited

Dan waktu diiris, saya lihat teksturnya sungguh wowww..!! lembut tapi masir crumbly. Masir crumbly tapi lembut.

Langsung habis dua iris!

==========================================

Cake Marmer

Ingredients:
225 gram self rising flour
225 gram butter, room temperature
225 gram caster sugar
4 eggs, room temperature
3 tsp rhum extract (optional)
3 tbsp milk
2 tbsp cacao powder

How to:
1. Preheat the oven 180ºC, smear the baking form with butter and flour.
2. Mix butter and caster sugar well until smooth, fluffy and pale yellow.
3. Add eggs one at a time, mix well.
4. Add rhum extract and milk, mix well.
5. Add flour little by little, mix well.
6. Put 1/3 part of the batter in another bowl, add with cacao powder and mix well.
7. Pour the white batter into the baking form and then add the chocolate batter, too. mix roughly with the help of a knife until marble motive forms.

DSCF9742-edited
8. Bake in the oven for 40-45 minutes or until properly done and golden brown.

DSCF9749-edited

DSCF9750-edited
9. Remove marble cake from the oven and let it stay in the baking form for another 10 minutes. Then release it and put it on a plate or wire rack and cool it further.
10. Slice and serve it with a cup of hot tea or coffee.

DSCF9778-edited

* * * * * * *

Leave a Reply

