lavash si roti turki

Di dekat rumah saya ada toko Turki. Toko tersebut menjual beragam bahan makanan khas Turki dan Timur Tengah. Juga menjual buah zaitun yang sudah diolah dan dicampur bawang putih, paprika, dan lain-lain. Keju feta dari susu sapi dan susu kambing juga ada. Olesan atau colekan (deep) yang terbuat dari bahan dasar yogurt dan keju feta yang dicampur dan DSCF9661-editeddikombinasi dengan bahan-bahan lain juga ada. Tzaziki?? Tentu.

Letak toko Turki ini berhadap-hadapan dengan supermarket langganan saya. Terletak dalam satu gedung yang sama. Jadi mudah kalau mau mampir. Dan saya suka mampir di toko itu. Membeli roti kebab. Dengan harga 3,50 euro satu porsi roti kebab dengan isi yang menggunung itu bisa disantap berdua dan kenyang. Sesekali saya mampir untuk membeli lavash. Lavash ini roti khas Turki. Tapi juga menjadi roti khas Iran, Iraq dan Armenia.

Tempo hari saya dan Ron pergi berbelanja akhir pekan di supermarket langganan kami. Dan setiap kali harus melewati toko Turki yang pintunya selalu terbuka lebar itu. Semua orang bisa melihat dengan mudah apa yang terjadi dan berlangsung di dalam toko. Dan tempo hari itu, ketika melintas, saya melihat roti pide dan lavash yang menumpuk banyak dan segar di rak kayu. Iya. Segar. Fresh from the oven. Kuning keemasan… melambai-lambai ke saya, minta dibeli. Duuhh..¬†Jadilah saya bilang ke Ron kalau ingin mampir ke toko Turki seusai belanja. OK, dia bilang.

Roti lavash ini lembut dan elastis. Dan kalau masih segar jadi ekstra nyam-nyam. Sayangnya saya tidak punya foto roti lavash yang masih utuh. Karena akan membeli seusai belanja, jadi di supermarket langganan, saya membeli ready made alioli.

Alioli adalah sejenis olesan yang berasal dari daerah Provence di Prancis Tenggara. Terbuat dari bahan dasar bawang putih dan minyak zaitun. Itu sebabnya diberi nama alioli. Alh dalam dialek Provence berarti bawang putih (Lat. allium) dan oli berarti minyak (Lat. oleum). Bahan penting lain yang digunakan untuk membuat alioli ini adalah air perasan jeruk lemon dan kuning telur. Kadang dicampur dengan mustard juga.

Alioli yang saya beli merek Chovi. Enak. Pertama tahu alioli merek Chovi ini ketika diundang makan siang oleh teman Belanda saya. Dia menyuguhi roti dengan berbagai olesan dan isi. Salah satu olesannya ya alioli Chovi ini.

DSCF9660-edited

Sayangnya ketika itu saya tidak punya persediaan daun seledri atau daun ketumbar di rumah. Kalau alioli dan roti lavash ini ditaburi cacahan daun seledri atau daun ketumbar, pasti lebih enak lagi. Hhmmmm…

* * * * * * *

Leave a Reply

