es teler

Beberapa menit yang lalu saya menutup telpon. Sehabis menelpon seorang teman baik. Teman lama yang sejak setahun yang lalu pindah menetap di Kanada. Rencananya ingin mengucapkan selamat Idul Fitri sekalian ngobrol berkangen-kangenan. Tapi ternyata hari ini dia juga berulang tahun. Selamat ya. 32 tahun. Hot abis!! :)))

Ketika ngobrol di telpon, teman saya bercerita bahwa hari ini dia mengundang beberapa teman untuk ngumpul-ngumpul. Dan itu tentu saja pakai makan-makan. Salah satunya dia bikin es teler juga. Ugh!!! Mana tahan sama es yang satu ini. Saya nggak terlalu hobi makan es-es-an. Soalnya dingin. Ya iyalaaahhh… Tapi setiap kali pulang ke Indonesia es teler adalah salah satu menu yang wajib saya uber dan santap. Apalagi dikombinasi dengan suhu panas Jakarta. Super top!! Favorit saya apa lagi kalau bukan Es Teler 77. Sluurrrpp…..

Saya jadi ingat. Beberapa waktu yang lalu….mmmm… kira-kira setahun yang lalu, tepatnya, saya pernah bikin es teler. Tapi karena di Belanda sangat tidak mungkin mengakses kelapa muda yang segar, jadi ya pakai kelapa muda dalam kemasan yang dibekukan. Buat saya sih nggak masalah, walaupun daging kelapanya juga nggak muda-muda amat. Tapi juga nggak tua. Pepatah “tiada rotan akar pun jadi” kan memang benar adanya. Untungnya ketika saya membuat es teler waktu itu toko oriental langganan saya menjual buah nangka segar. Satu kemasan isinya 5. Mmm… atau 7 ya? Saya sudah lupa tepatnya. Anyway, nggak penting. Harganya lumayan mahal juga. Tapi kan saya juga nggak sering beli buah nangka. Wong seringnya juga nggak ada kok. Jadi mumpung ada ya beli. Kalau kata ibu saya, untuk tombo kangen. Untuk mengobati rasa kangen. Bahan lain yang juga saya gunakan untuk membuat es teler adalah buah alpukat. Bahan yang satu ini bisa diakses di mana saja. Di supermarket juga ada.

Buat saya sih yang namanya es teler ya bahan utamanya cuma tiga itu. Kelapa muda. Buah nangka. Alpukat. Sebenarnya akan lebih enak kalau bisa pakai es serut. Tapi ini nggak penting. Eeehh.. Ada dua bahan lain yang juga penting sebenarnya. Susu kental manis dan sirop merah. Wuaahh!! Kalo kelima bahan ini bisa ada lengkap… waahh.. top markotop deh! Mengingat saya tinggal di Belanda. Bukan di Indonesia. Untungnya susu kental manis yang biasa saya pakai di Indonesia dulu memang asalnya dari Belanda sini. Frisian Flag. Aha! Sirop rozen-nya dijual di toko oriental juga. Happy day!

Jadilah saya menikmati es teler di suatu hari cerah di musim panas. Tahun lalu. Sekarang saya cuma posting tulisan ini dan foto es teler tahun lalu itu… :) Sayangnya foto yang saya jepret berasal dari es teler yang belum dilengkapi dengan susu kental manis cap Bendera dan sirop rozen. Di angan-angan saja.

=======================================

Es Teler

Ingredients:
young coconut meat and water, available frozen or in can
ripe avocado, scooped with a tablespoon
ripe jackfruit, frozen or in can (i avoid the ones in can and prefer the frozen ones), diced in big size
sweet condensed milk, to your taste
rozen syrup, to your taste
some finely chopped ice

How to:
1. Mix young coconut meat and water with avocado and jackfruit in a big cocktail bowl.
2. If the coconut water is not sufficient, add some cold water.
3. Put 1 soupspoonful of es teler content and some coconut water in each of medium size personal dessert bowls. Add 1 tablespoonful of chopped ice. Add some condensed milk and rozen syrup. Serve immediately.

=======================================

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: