tomato-banana smoothie

Jus tomat-pisang atau tomato-banana smoothie ini menjadi salah satu minuman kegemaran keluarga saya sejak lama. Ini berawal ketika orangtua saya membeli mesin blender buah.

Pertama-tama yang kami coba buat adalah jus tomat. Bahannya cuma 5-6 buah tomat yang cukup besar, air dingin dan gula pasir secukupnya. Tomatnya sampai 5-6 sebab untuk membuat 5 gelas jus. Sampai pada suatu hari ibu saya membeli pisang ambon juga. Sebenarnya ibu membeli pisang ambon itu untuk dimakan sebagai buah. Tapi kemudian kami bereksperimen, mencampurnya dengan tomat dan dijadikan jus. Ternyata enak sekali. Jusnya jadi lebih creamy. Dan setiap kali kami punya rhum extract, kami menuangkan sebanyak 2 tutup. Tambah yummy! :)

Di Belanda sini saya juga punya mesin blender. Pemberian ibu. Sudah lama mesin blender ini tidak saya pakai. Musim panas tahun ini, walaupun tidak terlalu sukses, entah kenapa membuat saya kepingin sekali minum jus. Jus tomat. Jus keluarga kami. Dan, tentu saja, setiap kali punya pisang ambon juga, pasti saya akan menggunakannya juga. Dan jadilah jus tomat-pisang. Tomato-banana smoothie.

2 buah tomat yang sedang besarnya

1 buah pisang

150 ml air dingin

Semua diblender menjadi satu hingga lembut. Saya tidak menggunakan gula atau pemanis apapun. Semakin banyak umur, saya semakin mengurangi penggunaan gula. Lagipula saya tidak suka makanan yang terlalu manis. Bila tomat yang digunakan sudah merah tua tapi masih kencang dan pisangnya juga sudah kuning berbintik hitam kulitnya, maka dengan sendirinya jus yang dihasilkan juga sudah cukup manis.

Note:

2 medium size tomatoes + 1 ripe banana + 150 ml ice cold water will make 2 medium glass of tomato-banana smoothie.

* * * * * * *

Leave a Reply

