red beetroot green stir-fry

Setelah absen menanam bit merah selama 5 tahun, tahun ini saya kembali menanamnya. Ini cuma gara-gara saya ternyata masih punya stok benih bit merah. Sisa menanam 5 tahun yang lalu. Dan sudah kadaluwarsa 3 tahun. Tapi daripada langsung masuk tong sampah, lebih baik saya coba semai saja. Kan tidak ada salahnya. Syukur-syukur tumbuh. Kalau nggak tumbuh ya nggak apa-apa juga. Karena menurut cap tanggal yang tertera di kantong bungkusnya memang sudah kadaluwarsa.

Ternyata kok tumbuh. Keluar tunas. Dan lumayan cepat pula. Belum ada seminggu tunas sudah mulai bermunculan.

Senang!! :)

Ketika sudah cukup besar saya pindah ke lahan di kebun belakang. Di lajur sebelah kanan. Tumbuhnya pun bersemangat sekali. Dan akhir pekan yang lalu sudah bisa saya panen.

Membaca-baca informasi dari internet, saya jadi tahu bahwa yang bisa dikonsumsi dari tanaman bit merah ini bukan hanya umbinya, tapi juga daunnya. Kalau bit merah, sesekali memang saya mengolahnya. Biasanya untuk membuat salad kentang-bit merah. Tapi daun bit merah belum pernah. Dan jelas saya ingin mencobanya juga. Apalagi setelah membaca info-info itu saya mendapati bahwa kandungan mineral dan vitamin dalam daun bit lebih banyak dan lebih kaya ketimbang kandungan mineral dan vitamin dalam umbi bit merahnya sendiri. Jadi tambah bersemangat ingin mencoba. Apalagi hasil panenan dari kebun sendiri. Kalau sejak beberapa tahun terakhir ini banyak orang heboh dengan ide sayuran organik, maka sayur mayur hasil panen dari kebun sendiri adalah sayur mayur organik yang paling paten. Paling bisa dipercaya bahwa memang benar-benar organik… :)

Kembali ke daun bit merah. Akhir pekan yang lalu saya memanen 5 bit merah. 3 lumayan besar dan 2 agak kecil. Daunnya langsung saya sortir. Yang masih muda dan bagus saya sisihkan. Selebihnya saya potong-potong kurang lebih 5 cm dan masukkan ke dalam bak kompos di kebun belakang. Sama sekali tidak ada yang terbuang percuma. Umbi bit merahnya hendak saya olah menjadi salad. Daunnya yang masih muda dan bagus akan saya tumis dan daun yang sudah terlalu tua untuk diolah saya daur ulang menjadi kompos.

Selesai memanen bit merah, saya kembali ke dapur dengan 5 buah bit dan 2 genggam daun bit. Satu buah bit yang lumayan besarnya langsung saya kupas dan cuci bersih. Lalu saya potong-potong dadu, masukkan ke dalam mesin blender bersama dengan 1 buah tomat, 1/4 butir melon dan 250-300 ml air dingin. Blender hingga halus. Jus campur.

Emmm… Jus yang saya buat ini memang tidak halus-halus amat. Sebab yang saya pakai bukan mesin jus tapi mesin blender. Mesin jus atau juicer akan memeras buah atau sayur yang ingin kita ambil sarinya. Mesin tersebut akan memisahkan sari dari ampasnya. Sedangkan mesin blender hanya mencacah buah atau sayur hingga halus. Tapi jangan berharap akan benar-benar halus. Sebab bagaimanapun ampasnya tetap menjadi satu dengan sarinya. Kalau tidak punya mesin jus tapi juga tidak mau tekstur jus yang kasar, hasil blenderan buah atau sayur bisa disaring dan kemudian ampasnya diperas secara manual. Tapi saya sih tidak keberatan dengan tekstur jus yang kasar sebab sari dan ampas bercampur menjadi satu.. :)

Setelah puas minum segelas jus campur, saya melanjutkan membersihkan bit merah dan daun-daunnya. Kemudian bitnya yang tinggal 4 buah itu saya rebus bersama 1 buah bit sisa membeli di pasar beberapa hari sebelumnya. Kemudian saya bingung. Daun-daun bit yang sudah selesai saya cuci bersih itu hendak saya taruh di mana? Soalnya saya belum mau mengolahnya. Masih banyak makanan. Hhmmm…

Vas bunga!

Saya ambil satu yang besar. Mengisinya dengan air secukupnya. Lalu menaruh semua daun bit ke dalamnya.

Waahhh… cantik juga ternyata :) Yang jelas, daun-daun bit itu tahan segar sampai 3 hari kemudian, ketika saya akhirnya mengolahnya menjadi tumis daun bit.

=================================

Red Beetroot Green Stir-fry

Ingredients:
20-25 red beetroot green with stems
10 mediun size common white mushrooms
1 medium size onion, chopped to your choice
4 cloves garlic, crushed and finely chopped
1 cm thumb size ginger, sliced into thin matchstick pieces
salt to taste
black pepper to taste
1/4 cup of water
3 tbsp of olive oil

How to:
Wash the beetroot greens and keep aside for some minutes to remove the excess water. Then cut 4-5 cm and separate the stems from the leaves.

Cut each mushroom into 4 or 6 pieces according to its size or to your choice.

Heat olive oil in a skillet or a wok or a pan with medium high heat. Stir-fry the onion and garlic till they smell good for 1-2 minutes. Add the mushrooms. Stir-fry for 2-3 minutes. Add the beetroot green stems and water. Stir-fry for 3 minutes until the stem start to soften. Add the beetroot leaves and stir-fry for 2 minutes. Don’t forget to add salt and black pepper to your taste. And a pinch of sugar if you like.

Remove from the heat. Serve right away with warm white or brown rice.

================================

* * * * * * *

Leave a Reply

