cinnamon sticky buns

Kira-kira dua minggu yang lalu saya menonton sebuah acara memasak di sebuah saluran lokal sini. Saluran tersebut khusus tentang program memasak. Nama salurannya 24 Kitchen. Acara memasak yang saya tonton ketika itu dibawakan oleh Annabel Langbein yang berasal dari New Zealand. Dan di episode saat itu Annabel Langbein mempresentasikan cara membuat cinnamon sticky buns ini.

Sejak menonton episode tersebut saya ingin mencoba membuatnya. Tapi, hhhmmm… cinnamon sticky buns ini roti manis. Saya, yang tidak terlalu suka manis, khawatir roti ini hasil akhirnya terlalu manis. Itu berarti saya bakal tidak suka. Sedangkan Ron, suami saya, bukan tukang makan yang handal. Bahkan dia sama sekali bukan tukang makan. Walaupun dia suka makan makanan yang manis.

Tapi hari ini, tadi pagi, akhirnya saya memutuskan untuk membuatnya. Soalnya penasaran banget. Cara bikinnya gampang. Seperti biasa, adonan rotinya diuleni hingga kalis dan elastis. Lalu disisihkan selama 1 jam hingga mengembang 2 x. Kemudian dipipihkan hingga ketebalan 1/2 cm. Setelah itu permukaannya diolesi mentega dan lalu ditaburi dengan gula pasir yang dicampur dengan kayumanis bubuk. Lalu digulung dan dipotong setebal 3 cm dan ditaruh dalam loyang yang dialasi kertas roti. Kemudian dipanggang dengan suhu 240 derajat Celcius selama 12-15 menit hingga matang dan permukaannya kecoklatan.

Ternyata rasa manisnya tidak keterlaluan seperti yang saya khawatirkan.

Jadi kesimpulannya? Saya suka!! :)

Jadilah cinnamon sticky buns ini menjadi postingan penutup Kitchen Epic bulan Juli 2012. Nyaammm…

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: