gehaktballen a la Retno

Gehaktballen atau bola-bola daging adalah salah satu menu favorit kami untuk makan malam. Kadang saya yang membuat. Kadang juga Ron. Masing-masing dari kami menggunakan bumbu yang berbeda untuk membuatnya.

Kemarin saya yang membuatnya. Alasannya: 1) sudah cukup lama kami tidak makan gehaktballen. 2) cukup mudah untuk membuatnya. 3) gehaktballen cocok disantap dengan kentang rebus maupun dengan nasi. Jadi ini win-win solution untuk kami berdua. Aha!

Kalau saya yang membuat gehaktballen saya memakai bumbu dapur Italia. Italian herbs. Biasanya saya memakai bumbu Italia yang kering. Dried basil dan dried oregano. Dua ini yang standard. Dua ini juga yang selalu ada dalam lemari dapur saya.

Tapi tahun lalu saya mulai menanam beberapa jenis tanaman bumbu di kebun belakang saya. Termasuk tanaman bumbu Italia. Basil, oregano, thyme, rosemary, sage, lavender, seledri. Dan mereka tumbuh dengan subur. Jadi kemarin saya memutuskan untuk memakai bumbu dapur Italia yang segar. Metik dari kebun belakang. Yuhuuu!!

Basil, oregano, thyme dan rosemary. Semua saya rajang/cacah halus.

Daging cincangnya saya menggunakan daging cincang campur, sapi dan babi. Ada penjelasannya untuk ini. Tekstur daging sapi lebih keras. Tekstur daging babi jauh lebih lembut. Jadi kalau memakai daging sapi thok gehaktballen akan menjadi agak keras dan lekas kering. Jadi daging babi membuat tekstur bola-bola daging menjadi lembut dan lembab.

Kalau membuat bola-bola daging, baik dicampur daging babi maupun murni daging sapi, sebaiknya adonan daging dicampur dengan beberapa kerat roti tawar. Saya menggunakan roti tawar coklat. Whole wheat bread. Roti berguna memperlembut tekstur bola-bola daging. Tapi roti tawar coklat punya tekstur yang lebih crumbly ketimbang roti tawar putih. Tekstur roti tawar putih yang lebih elastis dan tidak crumbly kurang bagus untuk dipakai memperlembut tekstur bola-bola daging. Tapi kalau roti tawar coklat sulit diakses, dan mau tidak mau harus memakai roti tawar putih, jangan menggunakan roti tawar putih yang masih baru. Gunakan roti tawar yang sudah berumur beberapa hari dan nyaris kering. Bisa juga menggunakan bread crumb atau panko. Satu bahan lagi yang digunakan selain garam dan lada adalah telur. Satu butir saja. Gunanya untuk mengikat. Bila menggunakan daging sapi cincang seluruhnya, gunakan roti tawar 2 lembar lebih banyak.

Gehaktballen

Bahan:
500 gram daging cincang campur atau sesuai selera
1 butir telur yang besar
3 lembar roti tawar coklat, potong dadu kecil-kecil
1 sendok makan daun basil segar cincang halus (1 sdm basil kering)
1 sendok teh oregano segar cincang halus (1 sdt oregano kering)
1/2 sendok teh thyme segar (1/2 sdt thyme kering, optional)
1 sendok teh rosemary segar cincang halus (1 sdt rosemary kering, optional)
1/2 sdt garam halus (atau sesuai selera)
1/4 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
100 ml air
1 sendok makan tepung terigu yang dicairkan dengan sedikit air untuk mengentalkan kuah
7 sendok makan minyak zaitun
1 sendok makan mentega

Campur semua bahan jadi satu dalam sebuah wadah yang cukup besar. Tentu saja kecuali minyak zaitun dan mentega. Remat-remat agar semua bahan tercampur rata dan daging cincang lumat. Lalu buat bola-bola yang sedikit lebih besar dari bola golf. Sisihkan.

Panaskan minyak dan mentega dalam wajan anti lengket yang cukup besar dengan api sedang. Masukkan bola-bola daging dan goreng hingga seluruh permukaan berubah warna kecoklatan dan daging matang. Angkat bola-bola daging dan sisihkan. Masukkan air ke dalam wajan dan masak hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan kembali bola-bola daging,  tutup wajan dan masak kembali bola-bola daging hingga matang. Masukkan cairan tepung terigu dan aduk rata hingga kuah mengental. Masak lagi selama 3 menit dengan api kecil dan wajan ditutup. Matikan api. Hidangkan dengan kentang rebus dan salad sayur mentah. Bola-bola daging ini disantap sebagai teman nasi panas juga super nikmat.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: