cake buah kering: repost with recipe!

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang cake buah kering. Sayangnya cake ini saya buat somewhere di tahun 2010. Dan seperti yang menjadi kebiasaan saya, kalau habis bikin cake, resepnya tidak saya catat. Resep-resep itu biasanya saya dapat dari koleksi buku dan majalah resep yang tersedia di rak buku saya. Selain itu tentu dengan googling. Dan di posting cake buah kering itu saya berjanji untuk mencari resepnya. Saya sendiri juga ingin bikin cake itu lagi. Hhmmm.. it’s not wise at all not to write down the recipes we like to bring to reality. Sekarang saya menyesalinya. Sejak setelah memposting tulisan tentang cake buah kering itu, saya selalu mencatat semua resep masakan yang saya coba buat.

Kembali ke resep cake buah kering itu… hhmm.. sampai pegal saya membolak-balik halaman buku dan majalah kumpulan resep cake. Tidak ketemu juga. Yang jelas, saya yakin saya tidak mendapatkan resep itu dari hasil googling di internet.

Barusan saya kembali mengambil setumpuk majalah kumpulan resep Sedap Khusus Pemula. Membaliknya satu per satu. Ada satu edisi yang tanpa nomor edisi!! Tapi majalah Sedap Khusus Pemula yang satu itu khusus memuat tentang Ragam Variasi Cake. Jadi saya sebut saja majalah Sedap Khusus Pemula edisi Ragam Variasi Cake. Tahun terbitnya 2006. Di edisi yang ini saya menemukan satu resep cake berjudul “butter cake”. Penulisan resep ini disertai dengan beberapa foto step by step dan satu foto besar hasil akhirnya.

Nah… kalau melihat tekstur butter cake seperti yang tampak di foto tersebut, saya cukup yakin bahwa resep butter cake dari majalah Sedap Khusus Pemula edisi Ragam Variasi Cake ini yang saya pakai dulu itu untuk membuat cake buah kering.

Jadi saya hanya tinggal menambahkan cacahan kasar buah kering. Kismis dan sukade sebagai variasi kreatif. Dan itu juga karena Ron yang meminta karena dia penggemar kismis. Ketika itu dia bilang, “Kalau kamu bikin cake lagi, boleh juga sekali-kali dikasih kismis dan… mmm.. apa itu? Manisan yang dipotong dadu kecil-kecil?” “Sukade?” saya mencoba menebak. “Tepat!” kata Ron sambil nyengir senang. Jadi ketika kami pergi belanja mingguan lagi kami juga membeli sukade itu. Kalau kismis kami selalu punya stok di rumah.

Jadi, ini saya tuliskan resep cake buah kering dengan menggunakan resep dasar butter cake. Dan dengan demikian, lunaslah utang janji saya.  :))

Cake Buah Kering dengan resep dasar Butter Cake

Bahan:
200 gram butter
180 gram gula pasir halus (gula kastor)
4 butir telur
1 sendok teh ekstrak vanili atau rhum (bila suka/optional)
175 gram tepung terigu protein sedang (cake flour)
15 gram tepung maizena
15 gram susu bubuk
1 cangkir kismis, rendam 30 menit dalam orange juice atau rhum, tiriskan, taburi dengan tepung tipis-tipis
50 gram buah kering, cacah kasar (bila suka/optional)
50 gram sukade

Cara membuat:
1. rendam kismis dan buah kering lain yang sudah dicacah dalam orange juice atau rhum selama 60 menit dalam sebuah wadah. Tiriskan hingga air rendaman benar-benar habis. Taburi dengan terigu tipis-tipis.
2. Panaskan oven dengan suhu 180º Celcius.
3. Ayak bersama terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
4. Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut.
5. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok sampai lembut.
6. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan mentega sambil diaduk perlahan.
7. Masukkan buah kering ke dalam adonan cake. Aduk rata perlahan sekadarnya asal tercampur.
8. Tuangkan adonan ke dalam loyang tulban 22 cm atau loyang bongkar-pasang 20 cm yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu tipis-tipis.
9. Panggang selama 45 menit hingga matang keemasan. Cek dengan tusuk sate. Bila tusuk sate keluar bersih, berarti cake sudah matang.
10. Keluarkan dari oven. Biarkan 10 menit sebelum mengeluarkan cake dari loyang. Taruh cake di atas rak jali untuk didinginkan lebih lanjut. Atau taruh cake di atas piring saji dan hidangkan bersama secangkir teh atau kopi panas.

Selamat mencoba!  :)

Leave a Reply

