pannekoek di hari minggu

Saya penggemar pannekoek, pancake ala Belanda. Menurut saya jauh lebih menarik dan menggiurkan untuk disantap ketimbang pancake versi Amerika. Karena walaupun lebih lebar, pancake ala Belanda ini tipis. Lagipula pannekoek bisa dibuat dalam dua versi, manis dan gurih. Yang manis, dari yang paling sederhana, hanya ditabur gula tepung atau diolesi ahornsiroop, hingga yang diberi topping irisan pisang atau nanas atau apel dan disiram dengan 1-2 makan liquor, semisal grand marnier. Sedangkan yang gurih bisa diberi topping keju parut, bacon, salami, irisan jamur dan bahkan beberapa jenis sayuran, seperti tauge dan irisan paprika.

Kadang-kadang kami membuat pannekoek juga di rumah. Kalau membuat, biasanya untuk brunch, bukan sarapan, bukan juga makan siang. Tapi di antara kedua waktu makan itu.

Tapi sudah lama juga saya tidak membuat pannekoek. Entah kapan terakhir kali saya dan Ron bikin dan makan pannekoek. Kangen. Jadi hari minggu yang lalu saya bikin pannekoek. Kebetulan kemarin (sabtu) sorenya kami mengundang keluarga Ron untuk datang makan malam bersama kami. Jadi lumayan masak dan makan besar. Nah, hari minggunya kami ingin beristirahat dan bersantai. Tidak ingin masak yang rumit. Bikin pannekoek sudah pasti cocok.

Saya mengambil resep pannekoeknya dari sini. Dijamin enak. Tapi saya modifikasi sedikit. Susunya saya cuma pakai 5 1/2 cangkir. Jadi hasil akhir adonannya sedikit lebih kental daripada yang seharusnya.

Dan karena Ron lebih suka pannekoek yang versi manis, jadi resep adonan pannekoeknya saya bubuhi 3 sendok makan gula tepung. Jadi Ron tidak perlu menaburkan terlalu banyak gula tepung sebagai topping pada saat menyantap si pannekoek. Lembar pannekoek kedua yang menjadi bagiannya, diberi olesan selai raspberry. Juga tipis-tipis saja.

Saya bahkan melahap pannekoek tanpa tambahan taburan gula tepung atau sirop atau selai. Sebab 3 sendok makan gula tepung yang saya bubuhkan ke dalam adonan pannekoek sudah membuat si pannekoek enak disantap begitu saja. Sudah lumayan manis untuk ukuran saya yang memang tidak hobi makan makanan manis. Satu resep pannekoek ini menjadi 5  lembar pannekoek bila menggunakan wajan anti lengket dengan diameter dasar 22 cm. Tiap lembarnya membutuhkan 2 sendok sayur (besar) penuh adonan pannekoek.

* * * * * * *

Leave a Reply

