tempe goreng tepung

Kamis kemarin ini saya pergi ke Köln mengunjungi teman lama + keluarganya. Saya membawa 3 pak tempe (mentah). Pulang hari. Berangkat pagi, pulang malam. Saya membawa 3 pak tempe (mentah). Sebelum berangkat pulang kembali ke Belanda saya disuguhi makan malam. Nasi, ayam berbumbu siap pakai yang tinggal dipanaskan di oven, sayur bayam dan….tempe goreng tepung!

Tempe goreng tepung bikinan teman saya itu enak sekali. Bumbunya: ketumbar bubuk, bawang putih yang dihaluskan, garam dan sejumput baking powder. Semua bumbu ini dicampur dengan tepung terigu dan dilarutkan dengan air secukupnya hingga menjadi adonan tepung yang sedikit lebih kental daripada adonan tepung tempura. Tempenya diiris-iris selebar 1 cm. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan atau panci dengan api sedang. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung, balik-balik agar tempe terbalut adonan tepung secara merata. Lalu goreng dalam minyak panas hingga tempe matang kuning keemasan. Hidangkan panas-panas dengan beberapa cabe rawit atau sambal kecap.

Sejak kembali ke Belanda tempo hari baru kamis kemarin itu saya makan tempe goreng tepung. Ndilalah kok ya enak banget. Sejak kembali dari Köln saya jadi terngiang-ngiang, kepingin makan tempe goreng tepung lagi. Tapi kali ini ya harus bikin sendiri.

Kebetulan kemarin saya pergi ke IKEA sama Ron. Letaknya berdekatan dengan Superstore Oriental. Jadi sekalian mampir untuk membeli beberapa barang, termasuk 1 pak tempe. Sampai di rumah langsung masuk dapur, masak nasi rebus dan tempe goreng tepung. Setelah matang saya santap dengan memakai 1 sendok makan sambal bajak siap pakai dan 1 sendok makan kecap cap Bango.

Nikmatnya…

* * * * * * *

Leave a Reply

