kangen kolak pisang

Sudah seminggu ini saya sibuk nggak jelas. Rasanya kok tiba-tiba sulit mencari waktu untuk duduk tenang di depan komputer. Kalaupun duduk di depan komputer, cuma untuk cek ini-itu. Bukan ngetik postingan baru.

Hari ini seharian saya beberes rumah. Tengah-tengahnya beberes, saya dadakan kepingin bikin bamibal. Bamibal ini temannya nasibal. Semua bahan ada di lemari dapur. Dan tiba-tiba kesibukan berpindah. Dari beberes ke bikin bamibal. Waktu mengambil bawang bombay, saya lihat ada 2 buah pisang tanduk di wadah kentang dan bawang. O iya, saya kan punya pisang tanduk. Saya beli 3 hari yang lalu karena kebelet banget makan kolak pisang. Hahaha.. makan kolak pisang kok kebelet. Jadilah saya bikin bakmi goreng untuk dibuat bamibal sambil bikin kolak pisang.

Tapi saking sudah lama sekali nggak bikin kolak pisang, saya lupa cara bikinnya. Jadi harus tanya ibu saya dulu. Mesti telpon ke Blado. Ah, alasan. Bilang aja emang kangen pingin nelpon. Emang iya. Jadi saya telpon dulu ke Blado. Yang angkat ayah saya. “Halo Papi!” — Lalu ngobrol ngalor-ngidul sama papi. Setelah puas, gantian ngobrol ngalor-ngidul sama mami. Duh… kangen banget sama dua orang tercinta ini. Selesai kangen-kangenan, telpon kami tutup. Tentu setelah resep kolak pisang itu saya tanyakan juga. Sekarang nggak boleh sampai lupa lagi!

Gula jawa secukupnya direbus dengan secangkir air hingga mendidih dan gula larut. Angkat dari api, saring. Tuangkan kembali ke dalam panci dan jerang lagi di atas api. Masukkan gula pasir dan daun pandan yang sudah dicuci bersih, disobek jadi dua memanjang dan disimpulkan. Kalau mau bisa juga menambahkan dengan 2 iris jahe dan sepotong kecil kayumanis. Dua yang terakhir ini cuma optional. Kalau suka. Aduk rata dan rebus hingga mendidih. Masukkan pisang tanduk yang sudah dipotong-potong serong dengan ketebalan 2 cm dan teruskan merebus hingga pisang setengah matang. Masukkan santan. Rebus terus hingga pisang matang sambil sesekali diaduk. Matikan api. Hidangkan selagi panas atau hidangkan ketika sudah dingin. Sama enaknya.

Dan kolak pisang yang saya buat hari ini kok kebetulan enak banget jadinya. Rasa legitnya pas. Persis seperti yang saya angan-angankan. Alhamdulillah! Dan o ya, bikin bamibalnya diteruskan besok saja.

* * * * * * *

Leave a Reply

