kentang-teri balado

Sesekali saya membuka dan menonton foto-foto lama yang ada di komputer kami. Tiba-tiba saya menemukan satu album dengan judul seperti judul tulisan ini. Kentang-Teri Balado.

Ngiler mendadak.

Bahan-bahannya tidak sulit didapat. Kentang dan teri dengan jumlah sesuai selera. Terinya teri asin kering. Bisa teri nasi, bisa juga teri yang agak besar. Dikenal sebagai anchovy. Kalau di Asia, teri bisa didapat dengan mudah di pasar tradisional. Kalau di Belanda sini bisa dibeli di toko oriental atau toko Asia. Lalu tomat, cabe merah, bawang putih, gula pasir, air jeruk nipis atau lemon, minyak untuk menggoreng kentang dan teri dan sedikit minyak untuk menumis. Untuk membuat kentang-teri balado ini garam menjadi satu bumbu yang optional saja sifatnya, berkat teri asin kering. Garam dibubuhkan bila setelah dicicipi kentang-teri balado masih kurang gurih.

Cara membuatnya gampang. Tapi memang lumayan makan waktu. Sebab kentang dan terinya harus digoreng dulu sebelum diolah lebih lanjut.

Kentangnya dikupas, dicuci bersih, dipotong-potong sesuai selera lalu digoreng setengah kering. Teri keringnya dicuci di bawah air keran mengalir. Sebentar saja agar rasa asinnya tidak habis. tiriskan hingga air bekas cuciannya habis lalu digoreng sampai kering. Setelah itu membuat bumbu baladonya. Tomat, cabe merah dan bawang putih diulek atau diblender. Saya sarankan bumbunya sebaiknya diblender saja, jangan diulek. Supaya lengan Anda tidak menjadi besepir seperti ini:

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. tumis bumbu yang sudah diulek/diblender hingga harum. Tambahkan 1 sendok teh gula pasir lalu aduk rata. Masak terus bumbu halus hingga air tomat hampir habis, mengental dan berkaramel. Baru masukkan kentang dan teri yang sudah digoreng. Aduk rata. Tambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis/lemon. Aduk rata lagi. Cicipi. Biasanya tanpa dibubuhi garam hidangan ini sudah cukup gurih karena teri asin keringnya. Tapi bila menurut Anda toh kurang gurih baru tambahkan garam secukupnya.

Kentang-teri balado ini enak sekali disantap dengan nasi panas. Lebih enak lagi kalau disantap dengan nasi uduk panas. Nyaamm…

Selamat mencoba!

PS: gambar Popeye diambil dari sini. Terima kasih.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: