Ron dan Big Mac: prototype mode

Akhir-akhir ini Ron sedang hobi makan burger. Bikin sendiri.

Seminggu yang lalu dia bilang, “Saya ingin makan burger. Saya akan bikin sendiri.” Jadilah kami pergi ke supermarket langganan untuk membeli daging sapi cincang dan lettuce. Waktu itu burger bunnya saya yang buat. Sebab ketika kami datang berbelanja sore-sore, roti segar di supermarket itu sudah pada habis, termasuk burger buns.

Biasanya setelah selesai makan malam, saya akan bertanya, atau dia akan bercerita, kesan dia tentang hasil dan citarasa makanan yang dibuat dan/atau disantapnya. Ketika itu begitu juga. Ron bilang, burger yang dia buat cukup mengecewakan. Rasanya tidak seperti yang diharapkan. Burger bun bikinan saya lumayan oke. Hhmmm.

Tiga hari yang lalu, sore-sore, dia bilang dia ingin makan burger lagi. Jadilah kami pergi belanja lagi. Kali ini burger bunnya ada. Jadi kami beli saja. Satu kantong plastik isinya empat. Cukup.

Sepulang belanja, hingga detik dia mulai mengolah daging cincangnya, yang menjadi kekhawatiran Ron adalah citarasa si burgernya. Rotinya sih rasanya ya standar rotilah. Dia sempat googling juga. Tapi terlalu banyak resep burger di internet. Akhirnya dia malah pusing. Dia tutup google sambil bilang, “Mmmm… Saya akan nekat saja, pakai kira-kira saya sendiri saja.” OK. Problem solved!

Lalu dia mulai beraksi. Pendek kata, akhirnya dia selesai berkutat di dapur. Dan jadilah si burger, persis di jam makan malam dia. Sebelum mulai makan, burgernya dia foto dulu. Baru dua kali jepret, dia sudah stop. Kenapa? Dia bilang burger dia tidak terlihat menarik. saus tomatnya meleleh mengalir ke luar dan mengotori keju lembarannya. Harusnya tidak begitu, dia bilang. Hahaha.. suami saya ini memang kadang sedikit pietje precies. Maunya perfek. Padahal menurut saya, burger bikinan dia itu sama sekali tidak buruk. Dengan rasa sedikit kecewa, dia bawa piring berisi dua buah burger itu ke meja depan teve, duduk, lalu mulai makan sambil nonton acara talkshow yang sedang digelar di salah satu saluran.

Keesokan harinya, dua hari yang lalu, daging sapi cincangnya masih ada separo. Roti burgernya juga masih ada dua buah. Ron sendiri juga masih penasaran. Ingin coba bikin burger lagi. Kecuali sempat mendengar dia akan googling foto atau gambar Big Mac untuk mengetahui urutan meletakkan bahan-bahannya, saya tidak mengikuti proses dia membuat burger dua malam yang lalu itu. Sebab saya menghabiskan malam di depan komputer di kamar kerja saya di atas. Dan ketika saya turun, dia sedang asik mengunyah burgernya, lagi-lagi sambil menonton acara talkshow yang memang ditayangkan setiap malam di sepanjang hari kerja. Kelihatannya yang kali ini dia cukup ceria. Saya berasumsi dia cukup puas dengan hasil eksperimen burgernya itu.

Benar saja. Selesai makan dia bilang dia cukup puas dengan burger hasil bikinannya. Dia bilang, hasilnya sudah sangat mendekati rasa Big Mac di McDonald. Tapi masih harus disebut sebagai: prototype homemade Big Mac. Ahahaha… Katanya cuma mau tahu urutan meletakkan bahan-bahannya. Kok sekarang dijadikan ambisi. Menyaingi menu andalan McDonald. Kenapa juga Big Mac? Bikin burger sendiri saja. Jelas lebih sehat.

Tadi malam dia tidak coba bikin burger lagi. Dia makan tosti. Roti tawar yang diberi isi irisan atau lembaran keju lalu dipanggang sampai keju di antara roti tawar meleleh. Nyam! Tapi dia sempat menghabiskan waktu di depan komputer untuk menonton video clip cara membuat homemade Big Mac. Ada satu yang cukup menarik. Judulnya How to clone a Big Mac – with Todd Wilbur. Menonton clip ini bikin saya lumayan pusing karena cara kameranya terlalu banyak gerak. Soal hasil sih saya juga tidak tahu, sebab kan cuma visual vision, bukan taste/flavour vision. Tapi cara si peraga mempresentasikan cara membuat homemade Big Mac ini menarik dan kocak walaupun agak chaotic.

Selamat menonton!

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: