homemade pasta

Kira-kira dua minggu yang lalu saya mencoba bikin pasta sendiri. Kata orang: homemade pasta.

Lagi-lagi sudah lama saya ingin mencoba membuat homemade pasta ini. Tapi selalu saja aras-arasan, kalau kata orang Jawa. Jadi baru terjadi dua minggu yang lalu. Kebetulan Ron juga sedang ingin makan spagetti. dia memakai saus bolognese siap pakai yang kami beli di supermarket langganan di dekat rumah. Hanya saja, selalu dia tambahkan irisan 1 mangkuk jamur merang, bawang bombay rajang dan tentu saja daging sapi cincang.

Bahan untuk membuat pasta tradisional ini sederhana sekali. Hanya tepung terigu dan telur ukuran besar. Perbandingannya 100 gram tepung : 1 butir telur. Saya menyebut perbandingan ini sebagai 1 resep.

Kebetulan saya cukup sering menonton program memasak yang ditayangkan, khususnya di saluran BBC. Sesekali juru masak yang melakukan presentasi juga membuat pasta… homemade pasta from scratch. Jadi saya mengertilah kira-kira  bagaimana harus membuatnya. Hanya saja, sampai dengan sebelum dua minggu yang lalu pengetahuan saya itu baru sampai di taraf teori. Tentu butuh praktek juga kan? Saya membuat 2 resep. Jadi 200 gram tepung dan 2 butir telur ukuran besar. Kalau mau, bisa ditambahkan garam halus 1/2 sendok teh.

Pertama-tama tepung dicampur dengan telur dan garam dengan menggunakan bantuan sebuah garpu. setelah campuran tepung-telur menjadi cukup kental, barulah saya melanjutkan mencampur tepung-telur itu dengan tangan. Dilanjutkan dengan menguleni hingga menjadi adonan pasta yang lembut.

Wah.. benar-benar lembut loh ternyata.

Setelah selesai menguleni, adonan pasta saya bungkus dengan plastic foil rapat-rapat dan istirahatkan di dalam lemari pendingin selama kira-kira 15-30 menit. Sambil menunggu adonan pasta selesai beristirahat saya menyiapkan mesin penggiling pasta. Sebenarnya sih bisa digilas secara manual menggunakan rol penggilas adonan roti. Tapi saya punya mesin pasta dan nyaris tidak pernah dipakai. Ini kan kesempatan untuk memberdayakan si mesin.

Setelah kira-kira 20 menit, saya keluarkan adonan pasta dari dalam lemari pendingin. Saya potong kira-kira 1/3 bagian. Yang 2/3 bagiannya kembali saya bungkus dengan plastic foil agar tidak menjadi kering. Yang 1/3 bagian mulai saya gilas menggunakan nomor yang paling besar. Kemudian secara bertahap menggunakan nomor yang lebih kecil hingga mencapai ketipisan yang saya inginkan. Tipis sekali. Dan ketika menggilas ini, baik secara manual menggunakan rol penggilas maupun menggunakan mesin pasta, pasta harus selalu ditaburi atau dilumuri dengan tepung yang cukup banyak agar adonan pasta tidak menempel dan lengket.

Lembaran pasta yang sudah saya gilas tipis itu terasa elastis tapi lembut sekali. Saya takjub!

Setelah menjadi lembar pasta yang sangat panjang, tibalah saatnya memutuskan, pasta itu mau dibuat yang model apa? Saya mah nggak mau pusing dan repot. Saya buat menjadi tagliatelle.

Lembaran pasta yang sangat panjang itu saya potong menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian saya lipat melebar lalu saya iris manual selebar kira-kira 1 cm. Hasil irisan saya taburi tepung lalu saya uraikan. Jadilah tagliatelle. Homemade tagliatelle. Wow!

Untuk merebus homemade pasta ini cuma dibutuhkan 1-1,5 menit dari waktu air rebusan mendidih. Tentu menggunakan api sedang cenderung besar. Setelah itu tiriskan pasta dan jangan dibilas dengan air dingin. Taruh pasta yang telah selesai direbus dan ditiriskan ke atas piring saji. Lalu bubuhkan topping saus. Kalau saya sih tidak membubuhinya dengan topping saus. Dua minggu yang lalu itu saya memasukkan homemade tagliatelle ke dalam wajan berisi saus bolognese yang sudah selesai dipanaskan. Saus bolognese ala suami saya. Kemudian saya beri taburan daun basil yang saya rajang kasar. Surga dunia!

* * * * * * *

Leave a Reply

