mendadak pizza

Tumben Ron bilang dia ingin uitsmijter untuk makan siangnya. Itu dua lembar roti tawar putih yang diletakkan berjejer di atas piring ceper dan diberi topping dua telur ceplok. Biasanya, akhir-akhir ini, dia minta dibikinkan bamisoep. Lebih dikenal sebagai indomie rebus di Indonesia. Tapi pagi ini saya kebelet pingin bikin roti. Kenapa nggak bikin pizza untuk makan siang Ron?

Uitsmijter sih gampang bikinnya. Roti tawar selalu punya. Kali ini roti tawar coklat, tapinya. telur ceplok tinggal nggoreng sebentar. Lalu jadi. Tapi kalau bikin pizza jalannya agak rumit. Bahan-bahan untuk rotinya mesti ditimbang dan ditakar dulu. Lalu dicampur dan diuleni. Lalu dibiarkan selama 1 jam agar mengembang 2x semula. Lalu dibentuk, dibiarkan 30 menit agar mengembang lagi 2x semula. Diberi topping. lalu dipanggang dalam oven. Baru bisa dihidangkan.

Saya lihat jam sudah menunjukkan pukul 10.20. Ron biasanya makan siang jam 13.30 kalau weekend. Hari ini hari senin. Tapi kami menganggapnya akhir pekan karena hari ini hari libur umum. Pantekosta hari kedua di Belanda sini.

Saya menginfo Ron tentang rencana saya. Dia setuju. Pizza?? Deal!

Lalu saya mulai sibuk di dapur, bikin adonan roti untuk pizza. Dan ketika adonan baru saja saya sisihkan untuk dikembangkan 2x semula, saya mulai mengupas sebutir bawang bombay merah. Mau saya pakai untuk topping pizza bersama dengan paprika hijau-merah, jamur merang, tomat, snijworst dan keju lembaran. Tiba-tiba Ron masuk dapur, menawari saya joyride, jalan-jalan naik mobil. Itu berarti kami akan beli patat untuk makan siang. Berarti pizzanya dipakai untuk makan malam. Oke juga.

Lalu kami keliling-keliling naik mobil. Lewat rute turistis, meminjam istilah Ron. Dan masuklah kami ke wilayah Apeldoorn. Saya mengajak Ron mampir dadakan ke rumah keponakannya. Untungnya dia setuju. Tapi ternyata keponakannya dan keluarganya sedang pergi. Kami meninggalkan pesan di secarik kertas yang kami cemplungkan lewat lubang pos di pintu depan. Lalu kami kembali ke mobil. Sudah masuk dan duduk lagi di dalam mobil, Ron bergerak ke luar lagi sambil bilang akan melongok lewat kebun belakang untuk memastikan bahwa keponakannya benar sedang pergi. Saya ikut juga. Benar mereka sedang tidak di rumah. Tapi kebun belakangnya ternyata bisa dimasuki sebab tidak ada pintu pagarnya.

Jadilah kami numpang duduk-duduk di kebun belakang rumah keponakannya sambil Ron mengisap sebatang rokok dan saya menerima telpon dari seorang teman baik.

Sepulangnya kami dari keliling-keliling naik mobil, saya melanjutkan bikin pizza. Adonan roti pizzanya sudah mengembang bahkan 3x semula. Ini karena terlalu lama ditinggal joyride. Saya kempiskan, uleni ringan 1 menit, lalu saya pipihkan dan taruh di loyang. Saya istirahatkan 30 menit dengan menutupinya dengan lap bersih. Lalu saya mengupas dan merajang bawang bombay merah yang tadi terbengkalai. Lalu saya tumis sampai berkaramel. Setelah itu saya menumis jamur merang yang sudah diiris tipis-tipis. Sambil menunggu bawang bombay dan jamur merang tumis menjadi cukup dingin,  saya mengiris paprika hijau-merah lalu melumuri irisan-irisan paprika tersebut dengan sedikit minyak zaitun.

Lalu saya tuangkan tumisan bawang bombay merah dan jamur merang ke atas adonan roti pizza dan meratakannya. Diikuti kemudian dengan irisan paprika hijau-merah. Lalu saya menambahkan snijworst yang saya cuil-cuil. Juga menaruh beberapa buah irisan tomat.

Oven sudah saya panaskan selama 20 menit dengan suhu 220 derajat Celcius. Loyang berisi pizza saya masukkan ke dalam oven. Harusnya 20 menit sudah matang dan siap santap. Tapi oven saya oven ecek-ecek. Jadi butuh 10 menit lebih lama untuk memanggang si pizza. Apa boleh buat. Yang penting jadi dan enak kan?

* * * * * * *

Leave a Reply

