Roti sobek

Atau biasa juga disebut roti keset.

Kenapa juga ya kok pakai istilah keset? Apakah jaman dulu keset bentuknya mlenuk-mlenuk seperti roti sobek ini?

Saya sedang giat menengok-nengok kumpulan foto-foto lama. Saya tengok-tengok untuk disortir. Sebab ternyata banyak juga foto yang dulu dijepret ternyata tidak lagi relevan untuk disimpan sebagai kenang-kenangan. Jadi ya dibuang saja. Kapasitas memori komputer jadi bisa digunakan untuk menyimpan yang lain yang lebih berguna. Misalnya: foto-foto baru. :)

Lalu sampailah saya pada map berisi beberapa foto roti sobek yang saya buat di tahun 2010. Wah.. kebetulan! Bisa saya posting di blog ini.

 

Roti sobek ini biasanya saya buat dengan isi keju parut. Kalau sedang pulang ke Indonesia, biasanya saya membuat roti sobek ini untuk keluarga saya. Kalau untuk dua keponakan dari kakak saya, saya membuat dengan dua macam isi, keju parut dan coklat beras. Di Indonesia disebut mesyes. Entah mengapa. Kalau untuk ayah saya, saya buat yang kosongan saja, tanpa isi. Tidak apa. Sebab rotinya sendiri memang sudah enak. Manis gurih.

Melihat foto-foto roti sobek edisi 2010 ini saya jadi kepingin bikin roti sobek lagi. Satu hari di minggu depan ini saya akan membuatnya.

Hhhmmmm… jadi tidak sabar menunggu hari senin tiba.

Untuk Laxmi Julie dan yang  lain yang ingin mencoba membuat roti sobek ini, di bawah ini resepnya:

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
1 bks (7-11 gr) ragi instant
5 gr garam
250 ml air
100gr mentega/margarin

Bahan isi:
Keju parut
Coklat beras (meisyes)
Selai nanas atau yang lain, sesuai selera

Bahan polesan, kocok bersama:
1 btr telur utuh, ½ sdt garam, 1 sdm air

Cara membuat:

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. Tuangi air dan kuning telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin.

2. Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Biarkan mengembang selama lk. 15 menit. Kempiskan, lalu isi dengan 1 sdm bahan isi, bulatkan kembali dan taruh dalam loyang bulat/kotak, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai terasa ringan.

3. Olesi permukaannya dengan bahan polesan, taburi keju parut.

4. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180ºC selama Lk. 15 menit hingga matang kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven. Taruh di atas rak kawat agar agak dingin. Hidangkan bersama segelas teh atau kopi panas.

Nyaaam… :)

* * * * * * *

2 comments

  1. boleh minta resepnya mba?

  2. dancing life · · Reply

    hai Laxmi, terima kasih sudah mampir di blog saya. resepnya akan saya imbuhkan di posting “roti sobek” weekend ini. so, check it out ya.. salam.

Leave a Reply

