dolmas

Entah dari mana asal mula hidangan yang satu ini. Beberapa negara mengaku menjadi tempat asalnya yang asli. Turki, Marokko, Cyprus dan Yunani. Saya menganggap hal ini tidak terlalu penting. Satu hal penting yang saya tahu adalah bahwa hidangan pendamping (side dish) ini enak!!

Terbuat dari bahan dasar beras, daging cincang (optional bagi yang vegetarian), bumbu-bumbu Italia-Mediterania, air jeruk lemon yang dibungkus dengan menggunakan daun anggur dan kemudian direbus hingga matang seperti layaknya merebus lontong dan/atau ketupat. Enak! Enak!

Kebetulan saya menanam pohon anggur di kebun belakang. Musim panas tahun lalu, 2011, saya mencoba membuatnya. Hasilnya boleh juga. Kalau saya bandingkan dengan dolmas yang dijual di warung Turki dekat rumah saya, dolmas produksi dapur saya sih nggak kalah… :)

* * * * * * *

Leave a Reply

