chhai

Empat tahun tinggal di Delhi, India, membuat saya sering merindukan banyak hal dari dan tentang negara tempat Taj Mahal berada ini. salah satunya saya merindukan makanan dan minuman khasnya.

Saya jadi ingat, dulu setiap pagi saya pasti memulai hari dengan menyeruput teh susu berbumbu yang di sana dikenal sebagai chhai. Setahu saya bumbu yang digunakan untuk membuat chhai ini banyak ragamnya, agak berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Di Delhi bumbu yang biasa digunakan untuk membuat chhai ini antara lain kapulaga hijau (green cardamom), kayu manis, jahe yang digeprak dan cengkih. Ada juga yang menambahkan lada hitam. Tapi kebetulan di komunitas di mana saya tinggal dan bersosialisasi tidak menggunakan bumbu yang saya sebut terakhir di atas. Saya cukup yakin rasanya pasti aneh.

Seorang teman Indonesia yang lahir, besar, bersekolah dan kemudian bekerja di sana membagikan tipsnya kepada saya untuk membuat chhai jadi terasa lebih sedap. Dia bilang teh yang digunakan tidak hanya teh serbuk merek Taj Mahal yang label merah (teh pekat), tapi juga dicampur dengan teh serbuk merek Taj Mahal yang label hijau (teh hijau). Dan memang rasa chhai menjadi lebih sedap.

Cara membuat chhai ini cukup mudah. Rebus air dengan semua bumbu hingga mendidih. lalu masukkan teh serbuknya. biarkan mendidih selama 5 menit hingga air rebusan berwarna coklat gelap pekat. tambahkan gula secukupnya. Aduk rata. Lalu masukkan susu putih cair sesuai selera. Biarkan mendidih lalu kecilkan api dan biarkan mendidih selama 5 menit. Matikan api. Tuangkan chhai ke cangkir saji dengan menyaring “sampah” teh dan bumbu. Sajikan dan seruput selagi masih cukup panas… mmmm….

* * * * * * *

Leave a Reply

