salad bihun

 

Hari Minggu Paskah, 8 April, kami mengajak ibu mertua saya keliling-keliling naik mobil di siang hari. Tamasya ringan ini ditutup dengan makan malam di sebuah restoran Thailand di sebuah pojok Arnhem. Salathai, nama restorannya. Entah apa yang kami pesan sebagai makanan utama, tapi saya memesan satu hidangan pembuka. Saya sudah lupa nama hidangan itu, tapi hidangan itu seperti lumpia yang kulitnya terbuat dari tepung beras. Sedangkan isinya bihun, daging dada ayam rebus yang disuwir-suwir, selada lettuce dan cacahan daun ketumbar dan daun mint. Lumpia putih ini disantap dengan terlebih dahulu mencelupkannya ke saus kecap asin. Enak sekali!!

Tentu saja hidangan pembuka yang tak saya ingat lagi namanya itu kemudian terngiang-ngiang di ingatan saya. Dan saya ingin mencoba membuatnya. Masa sih nggak bisa?

Kemarin, jumat, saya ke pasar tradisional di pusat kota Arnhem. Saya membeli seikat daun ketumbar dan seikat daun mint. Lalu saya juga membeli 1 tray ayam bagian paha atas. Di rumah masih ada bihun, kecap ikan dan minyak wijen beserta biji wijennya.

Bihun diseduh sebentar dengan air mendidih lalu tiris dan tuang dalam mangkok. Daging ayam yang sudah direbus kemudian disuwir-suwir dan ditaruh di atas bihun. Terakhir, masukkan cacahan daun ketumbar dan daun mint ke dalam mangkok. Aduk-aduk hingga rata. Kemudian tuangkan sausnya yang terdiri dari campuran kecap ikan, minyak wijen, lada bubuk dan sejumput biji wijen. Yang terakhir ini optional saja. Tidak harus. O ya… karena salad bihun yang saya buat ini tidak dibungkus dengan kulit lumpia tepung beras, jadi sausnya saya campurkan saja ke dalam mangkok berisi campuran bihun. Lalu aduk rata sekali lagi. Santap.

Duuhh.. rasanya nikmat sekali.. cukup mengenyangkan tapi tidak enek. Tidak bikin mblenger. Pokoknya seketika itu juga daftar hidangan favorit saya bertambah satu: salad bihun.

* * * * * * *

Leave a Reply

