blueberry cheesecake: a successful try

Blueberry cheesecake! Tiap kali menyebut nama cake yang satu ini, pasti orang-orang yang mendengarnya akan berkata “nyaaammm”. Dulu, ketika saya masih di Jakarta, adik saya, Titut, pernah membuatnya. Tapi tentu saja menggunakan selai blueberry. Sebab tidak tahu di mana bisa mendapatkan blueberry segar di Jakarta. Kalaupun ada, pasti harganya mahal sekali. Ini dugaan saya loh.

Sampai dengan tiga hari yang lalu sudah tiga kali saya membuat cheesecake. New York cheesecake satu kali. Cottonsoft Japanese cheesecake dua kali. Tiga-tiganya sukses. Dan ternyata tidak sulit membuat cheesecake. Tapi kenapa sebelum mencoba membuatnya, rasanya seperti mendengar momok. Cheesecake terdengar sulit untuk dibuat.

Kali ini, tiga hari yang lalu, akhirnya saya memberanikan diri mencoba membuat blueberry cheesecake. Jenis cheesecake yang sudah lama ingin saya bikin. Tapi selalu saja urung karena, ya itu tadi, serasa mendengar momok.

Ide membuat blueberry cheesecake ini muncul pertama kali sebab di Belanda sini blueberry segar sangat mudah untuk didapat dan harganya juga tidak terlalu mahal. Apalagi di musim panas begini. Juga karena ketika adik saya membuatnya dulu, Ron, suami saya, ternyata suka sekali. Enak! dia bilang.

Anyways, akhirnya jumat lalu saya pergi ke pasar, membeli blueberry segar. Bahan-bahan yang lain saya sudah punya. Sepulang dari pasar di Arnhem saya langsung menyingsingkan lengan baju dan mulai beraksi. Mungkin karena sedikit nervous, dapur yang biasanya bisa saya jaga kerapiannya ketika sedang memasak, kali ini heboh total. Tak apalah. Kita sebut saja dapur ujicoba.

Setelah berkutat selama kurang lebih 30 menit, akhirnya loyang bongkar pasang berisi adonan blueberry cheesecake ini siap untuk dimasukkan ke dalam oven. 180ºC! 80 menit. Ketika akhirnya si kue matang, suami saya baru saja pulang kantor. Weekend!! Weekend yang sedikit special karena ada blueberry cheesecake juga. Jadinya? Sukses dan enak sekali. Tidak enek. Well done, Retno!

Sabtu malam dan tamatlah riwayat si cheesecake. Siapa lagi kalau bukan Ron… :)

Leave a Reply

